Tempat Wisata Mulai Dibuka, PAD Kota Balikpapan Diharapkan Meningkat

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pantai Segara Sari Manggar, Balikpapan Timur kembali di buka pemerintah kota. Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga 20 September 2020, namun pemerintah memberikan kelonggaran untuk tempat wisata dan pelaku usaha.

Apalagi diketahui bersama, bahwa tempat wisata Pantai Manggar dapat meningkatkan sektor ekonomi pariwisata, sehingga dengan dibukanya kembali dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kota Balikpapan.

Terkait hal tersebut, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Manggar, Masyur mengatakan, dibukanya tempat wisata tersebut sangat berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar.

“Kami sangat senang, tetapi kami tetap ikut bertanggung jawab untuk menjaga protokol kesehatan (prokes), sehingga masyarakat yang datang tetap taat Prokes,” ucap Masyur, Kamis (9/9).

Mansyur memaparkan, dibukanya tempat wisata merupakan bagian dari upaya masyarakat yang memperjuangkan agar pantai tersebut dibuka, salah satunya dengan berkoordinasi dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

“Sebenarnya warga pada menjerit dengan adanya PPKM ini, mulai dari ekonomi yang sulit karena adanya pembatasan. Karena itu mereka mengajukan kepada pemerintah kota,” jelasnya.

Selain itu, kesehatan tentunya juga perlu diperhatikan dengan ketat, yakni tetap menerpanya Prokes. Dimana dalam PPKM level 4 tertulis sektor wisata dibuka dengan kapasitas 25 persen dengan jam buka hingga jam 17.00 Wita.

“Serta menyediakan suhu tubuh, wajib masker dan menyetop pengunjung ketika sudah mencapai 30 persen. Boleh masuk ketika pengunjung didalam sudah keluar (gantian),” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *