Tugas Tatib DPRD Selesai, DPRD Menunggu Provinsi Menyerahkan Kembali

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kursi calon wakil wali (Wawali) kota Balikpapan untuk mendampingi Wali kota Balikpapan Rahmad Masud hingga saat ini masih menjadi pertanyaan, pasalnya belum ada rekomendasi dari wali kota Balikpapan ke DPRD Balikpapan.

Sampai saat ini, ada 5 partai pengusung yang sudah menyerahkan nama calon Wawali yakni dari Partai PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PKS dan Perlindo. Bahkan DPRD juga sudah membentuk Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) DPRD Balikpapan, sebagai bagian dari tahapan pemilihan wawali.

Saat ditemui awak media, Ketua Pansus Tatib DPRD Simon Sulean mengatakan, usai beberapa kali melakukan pembahasan, pihaknya telah merampungkan tatib wawali. Dan saat ini sudah di proses di Biro Hukum Pemprov Kaltim.

“Berkas sudah dikirim ke Samarinda untuk dilakukan harmonisasi. Kami tinggal menunggu kembalinya,” kata Simon Sulean saat dikonfirmasi awak media, Selasa (9/8/2022).

Jadi untuk sekarang, tugas pansus telah selesai dan DPRD Balikpapan. Jika provinsi sudah menyerahkan kembali tatib, maka DPRD Balikpapan bisa segera mempersiapkan pemilihan wawali dengan membentuk panitia seleksi (Pansel).

“Proses semakin cepat tentu lebih bagus. Hanya saja ini tergantung dari jawaban provinsi,” akunya.

Tidak hanya itu, ia juga masih menunggu usulan nama calon wawali dari setiap partai pengusung. Diharapkan dalam waktu dekat semua bisa menyerahkan nama. (Mys/ Ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *