Tukar Pendapat Terkait Pelaksanaan Reses dan Sosper, Banmus DPRD Kaltim Bertandang ke DPRD DKI Jakarta

Jakarta, Metrokaltim.com – Anggota Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kaltim kembali melakukan kunjungan kerja ke DPRD DKI Jakarta, Rabu (24/3) lalu. Kedatangan mereka ke Ibu Kota guna bertukar pendapat terkait pelaksanaan reses dan sosialisasi peraturan daerah.

Rombongan Banmus DPRD Kaltim dipimpin langsung oleh Anggota DPRD kaltim Ali Hamdi dan dihadiri sejumlah anggota yakni Akhmed Reza Fachlevi serta Siti Rizky Amalia. Sementara, kedatangan Anggota Banmus DPRD Kaltim diterima langsung oleh Kepala Sub Bagian Rumah Tangga, Protokol dan Perjalanan Dinas DPRD DKI Jakarta Asril Pinayungan Ritonga.

Disampaikan Ali Hamdi, terkait dengan reses. Antara di DPRD DKI dengan DPRD Kaltim, pelaksanaan resesnya tidak jauh berbeda. “Hanya saja, terdapat perbedaan saat penyampaian laporan. Kalau di DPRD DKI, laporan hanya internal. Sedangkan di DPRD Kaltim, laporan reses kita sampaikan langsung ke eksekutif lewat rapat paripurna,” ujarnya seperti dikuti dari Humas DPRD Kaltim.

Perlu perhatian kata dia, terkait dengan proses adiministrasi dalam pelaksanaan reses. Dirinya berharap proses adiministrasi reses tidak terlalu meyulitkan. “Artinya, selama pelaksanaannya sesuai aturan, tidak perlu administrasi yang panjang,” harapnya.

Tak jauh berbeda dengan pelaksanaan sosper. Politikus PKS ini mengaku, DPRD DKI sudah melaksanakan sosper sejak periode lalu. “Termasuk administrasinya, mereka simple aja. Menurut saya, selama kegiatan itu bisa dipertanggungjawabkan, tidak ada masalah,” pungkas dia.

Terkait dengan adanya pendampingan dari sekretariat DPRD, baik pada reses maupun sosper, Ali Hamdi mengaku mengapresiasi peran sekretariat. Karena hal itu bagian dari peran sekretariat dalam memfasilitasi kegiatan kedewanan.

(adv/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *