Upaya Pencegahan Covid-19, Selain 5M adalah Vaksinasi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk menekan angka terkonfirmasi positif covid-19 di kota Balikpapan, pemerintah kota masih terus menekan kasus penyebaran covid-19 dengan gencar melaksanakan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan vaksinasi awal untuk ibu hamil sebanyak 70 orang, dan dari pantauan selama seminggu paska di vaksin semua baik-baik saja.

Lanjutnya, sehingga hari ini (1/9) pemerintah melakukan vaksinasi massal untuk ibu hamil dan yang sudah mendaftar sejauh ini ada sekitar 1.208 orang. Namun pihaknya menyiapkan sebanyak 2.500 dosis.

“Jika masih ada ibu-ibu yang akan datang lagi ke dome untuk vaksin siang sampai sore dipersilahkan,” kata dr Andi saat ditemui di Dome BSCC Balikpapan, Rabu (1/9).

Terkait dengan tingginya angka kematian dan penularan covid-19 untuk ibu hamil. Dio memaparkan, bahwa ada peningkatan kematian ibu di tahun 2020 dan 2021, peningkatan ini karena ada ibu yang terkonfirmasi covid-19 dan meninggal dunia.

Oleh karena itu, ia mengambil pelajaran dari ini agar tidak terjadi lagi. Sementara untuk upaya pencegahan, selain 5M adalah vaksinasi.

“Untuk angka kematian ibu sampai Agustus tahun 2021 ada 15 orang, dan dari 15 itu ada 11 orang yang meninggal karena terkonfirmasi positif covid-19,” imbuhnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *