Walikota Balikpapan Dan Bulog Launching Penyaluran Bantuan Pangan Beras Untuk KPM Sebesar 10 Kg Per KK

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Menindaklanjuti hasil rapat internal bersama Presiden RI Jokowi pada 2 Maret 2023 lalu mengenai kebijakan bantuan sosial dalam bentuk beras, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan.

Bantuan pangan yang diberikan berupa beras sejumlah 10 Kg untuk setiap keluarga, dan akan disalurkan selama tiga bulan sejak Maret-Mei 2023.

Dan tepat hari ini (30/3/2023), Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan bersama Pimpinan Wilayah (Pimwil) Bulog Kaltim launching penyaluran bantuan pangan beras untuk warga Balikpapan, dilobi Balai Kota Balikpapan.

Dalam sambutan, Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, atas nama pemerintah kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang memberikan bantuan beras bagi warga kota Balikpapan.

Bantuan beras ini akan diberikan kepada warga Kaltim kurang lebih 12.610 KK selama tiga bulan, terhitung dari Maret-Mei 2023. Sementara untuk Balikpapan jumlah belum diketahui, dan Pemkot akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Catatan Sipil untuk mengetahui jumlah yang akan disalurkan.

“Pesan saya, manfaatkan bantuan ini dengan baik. mudah-mudahan ini bagian daripada initiar pemerintah untuk mensejahterakan warganya,” ucap Rahmad saat launching penyerahan bantuan.

Pada kesempatan ini, ia juga menyampaikan, bahwa Pemkot Balikpapan akan mengadakan Bazar murah dihalaman gedung parkir klandasan tanggal 3-7 April 2023.

Lanjutnya, meskipun pandemi sudah berakhir warga diimbau tetap menjaga kesehatan. Dan walaupun masker tidak diwajibkan, tetapi lebih baik dipakai jika dalam kondisi tidak sehat.

“Sekali lagi, saya berharap bantuan ini tidak menjadi ketergantungan, tetapi paling tidak dapt mensyukuri apa yang diberikan pemerintah untuk kesejahteraan warganya,” harapnya.
Tempat yang sama, Pimwil Bulog Kaltim Amrullah menambahkan, penyaluran bantuan beras baru dilaunching hari ini (30/3) setelah ada perintah dari Bapanas kepada seluruh operator Bulog.

Bantuan pangan berupa beras ini untuk membantu masyarakat, selama tiga bulan dari Maret sampai Mei 2023. Namun dikarenakan sudah akhir bulan Maret, pihaknya target sebelum lebaran sudah selesai tersalurkan.

“Kualitas yang beras kami pakai yakni CPP (medium) sesuai dengan intruksi pak Presiden,” tambahnya.

Jumlah beras yang diberikan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar 10 kilogram. Dan total yang menerima di Kaltim sebanyak 12.610 KK. (mys/ries)

224

Leave a Reply

Your email address will not be published.