12 Tim Voli Putra se-Kaltim Bertanding di Turnamen Danlanal Cup 2020

Balikpapan, Metrokaltim.com – Turnamen Bola Voli Antarklub Putra memperebutkan piala bergilir Danlanal Cup 2020 kembali digelar di Mako Lanal Balikpapan. Secara resmi turnamen tersebut dibuka pada Rabu (29/1) pukul 15.00 Wita. Sebanyak 12 tim voli se-Kaltim berpartisipasi dalam turnamen terbuka itu.

Pembukaan turnamen dihadiri langsung Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Dandim 0905 Balikpapan Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari, serta pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Balikpapan, dan undangan lainnya.

Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono mengatakan, turnamen ini merupakan kebanggaan bagi Lanal dan akan terus digelar karena menjadi agenda rutin Lanal Balikpapan. Pihaknya pun menggelar turnamen ini sebagai kado HUT Kota Balikpapan ke-123 tahun yang jatuh pada tanggal 10 Februari mendatang. Meski dia mengakui sempat terhenti lantaran berbagai hal dan kesibukan, namun Wahyu berharap turnamen ini bisa berlangsung setiap tahunnya guna menjadi wadah para atlet mengembangkan bakatnya.

Foto bersama sebelum bertanding.

“Kita laksanakan Turnamen Bola Voli Danlanal Cup dalam rangka HUT ke-123 Kota Balikpapan. Kebetulan turnamen ini memang jadi ikonnya Lanal Balikpapan, namun dalam beberapa tahun lalu terhenti karena memang ada sesuatu hal yang tidak bisa dilaksanakan, mungkin karena kesibukan atau sesuatu hal. Kemudian kami upayakan semaksimal mungkin, pemanasannya dalam bulan Oktober tahun lalu dalam rangka HUT TNI sudah kami selenggarakan dan alhamdulillah sukses. Nah, sekarang kami tingkatkan dalam turnamen Danlanal Cup,” beber Wahyu.

Danlanal berharap digelarnya turnamen ini bisa menjadi motivasi bagi para atlet serta menjaring para atlet muda untuk bisa mewakili Kota Balikpapan ataupun Kaltim dalam ajang turnamen nasional maupun internasional.

“Selain itu kami juga menjaring atlet-atlet yang nantinya bisa menjadi atlet Balikpapan atau Kaltim,” ucapnya.

Pertandingan pembuka pada Rabu (29/1) sore.

Turnamen yang digelar kali ini hanyalah kategori putra. Kedepannya pihaknya akan menyertakan juga untuk kategori putri. Wahyu salut melihat peserta yang mendaftar sangat antusias dan banyak, hanya saja pihaknya bekerjasama dengan PBVSI membatasi 12 tim saja. Enam diantaranya dari kota Balikpapan, sementara lainnya berasal dari luar daerah.

“Jumlah peserta saat ini ada 12 tim, tadinya banyak sih yang mendaftar, cuma karena dari PBVSI diseleksi oleh mereka, sehingga terjaring 12 tim saja. Makanya kami buat empat grup, masing-masing grup ada tiga tim. Peserta dari Balikpapan, dan  ada juga yang dari luar, tapi masih wilayah Kaltim semua,” jelasnya.

Dalam turnamen ini pihaknya memperbolehkan pemain profesional sekelas Pro Liga untuk ikut bergabung bersama tim yang bertanding. “Yang jelas persyaratan dari tim yang ikut itu minimal ada dua atau tiga atlet dari Pro Liga,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *