310 Pedagang Pasar Pandansari Divaksinasi, Rizal : Warga Diharap Bersabar, Semua Akan Divaksin

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kegiatan vaksinasi tahap kedua di kota Balikpapan sampai saat ini masih terus berjalan. Vaksinasi kali ini kembali menyasar pedagang Pasar Pandansari, Balikpapan Barat (Balbar), pada Jumat (5/3).

Dalam vaksinasi, Wali kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, untuk vaksinasi di Pasar Pandansari hari ini berjumlah 310 pedagang.

“Tentu bapak-bapak harus bersyukur, karena satu-satunya vaksinasi yang di datangi ke lokasinya hanya pedagang pasar, sedangkan yang lainnya harus datang ke Puskesmas maupun rumah sakit,” ucap Rizal Effendi.

Lanjutnya, bahwa Presiden perintahkan pedagang pasar harus di duluin dan ini sangat luar biasa, karena pedagang di prioritaskan. Maka itu ia mohon dukungan dari para pedagang untuk dapat ikut melakukan vaksinasi.

Disampaikannya, bahwa seluruh warga kota Balikpapan nanti akan dilakukan vaksinasi, maka itu ketika ada warga yang belum dapat diharapkan untuk bersabar.

“Karena jumlah warga kota yang dapat vaksinasi dari usia 18 tahun keatas berjumlah 450 ribu orang, hanya saja dilakukan secara bertahap mengingat dosis vaksin datang bertahap serta petugas yang kekurangan,” paparnya.

Ada beberapa kategori yang tidak divaksin, antaranya sedang sakit, warga yang pernah kena namun akan dicek kembali setelah 3 bulan ketika antibodinya baik tidak divaksin, tetapi kalau tidak baik akan tetap di vaksin, serta yang memiliki penyakit berat (akan dicek kembali).

“Jadi saya mohon ini bisa berlangsung dengan baik, karena di seluruh dunia ada dua cara untuk menjaga penyebaran covid yakni protokol kesehatan dan vaksinasi,” jelasnya.

Dirinya juga memaparkan, mulai hari ini (5/3) pihaknya telah membuka pendaftaran untuk lansia (60 tahun ke atas). Dan di Balikpapan ada sekitar 50 ribu orang, tentu ini akan diberikan prioritas.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *