Ada Dua Cara Maju di Pilkada Lewat Jalur Parpol, Ini Penjelasan Ketua KPU Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pembukaan pendaftaran bakal pasangan calon akan berlangsung pada tanggal 4 sampai 6 September 2020 mendatang, tanggal tersebut sesuai dengan jadwal tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota oleh KPU Balikpapan.

Sampai saat ini KPU tengah berkoordinasi dengan RSUD Kanujoso Djatiwibowo sebagai layanan kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan kepada bakal calon.

Ketua KPU Noor Thoha mengatakan, tahapan terdekat menuju pendaftaran, sebelumnya akan dimulai dengan sosialisasi terhadap partai politik pada tanggal 25 Agustus mendatang.

“Sosialisasi tentang pencalonan. Yaitu syarat calon dan pencalonan. Sekaligus nanti kami sosialisasikan tentang tahapan-tahapan pemeriksaan kesehatan,” sebutnya Senin (17/8).

Syarat pencalonan diantaranya syarat politik. Yaitu berkaitan dengan dukungan minimal 20 persen dari jumlah kursi parlemen yaitu 9 kursi. “Artinya dukungan dari partai politik yang ditunjukkan dengan surat rekomendasi dari partai politik yang salah satu pasangan calon,” ungkap Thoha.

Itu artinya setiap pasangan calon yang diusung harus memenuhi dukungan minimal tersebut. Sementara untuk dukungan maksimal bergantung pada calon yang diusung. Saat ini jumlah kursi keseluruhan di parlemen mencapai 45 kursi. “Kalau ada 3 calon itu artinya minimal 9 kursi,” sebutnya.

Kemudian syarat pencalonan dari jalur partai politik juga ada yang mengacu pada minimal jumlah suara. “Jadi bisa jadi parpol tidak dapat mengusung calon dengan jumlah kursi, tapi memperoleh suara banyak. Jumlah suara juga bisa dikondisikan atau digabung minimal 25% dari jumlah suara sah,” tuturnya.

Atau sama dengan 86 ribu suara sah oleh parpol mendapatkan kursi juga di pemilihan legislatif tahun lalu. Dengan begitu ada dua cara untuk maju di Pilkada melalui jalur partai politik.

“Sementara untuk jalur perorangan jelas sudah berakhir. Kan kemarin dukungan tidak memenuhi syarat. Jadi setelah sosialisasi nanti akan ada pengumuman tanggal 28 Agustus sampai tanggal 3 September,” tandasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *