Adanya Kelonggaran PPKM, Nurhadi Oprtimis PAD Bisa Tercapai

Balikpapan, Metrokaltim.com – Meski perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Balikpapan diperpanjang, pemerintah kota juga melakukan kelonggaran untuk tempat-tempat usaha, hingga hiburan.

Terkait hal tersebut, Anggota DPRD kota Balikpapan Nurhadi Saputra menjelaskan, untuk dilapangan sendiri penerapan PPKM level 4 sudah banyak kelonggaran, termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan lebih dari jam 8 malam.

Menurutnya, ini sesuai dengan janji wali kota, meskipun PPKM masih diperpanjang, tetapi ada pelonggaran-pelonggaran untuk para pedagang kecil maupun tempat usaha.

“Kami sih optimis juga, karena kita punya PR, bahwa target pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2022 kita sekitar Rp 850 Miliar untuk menutup defisit,” kata Nurhadi di depan awak media.

Dirinya pun berharap, untuk di akhir tahun 2021 (Desember) ini bisa memenuhi target Rp 850 miliar. Karena bagaimanapun Balikpapan merupakan kota jasa, sehingga pihaknya sangat berharap dari pemasukan pembayaran pajak, salah satunya pertumbuhan ekonomi.

Dikatakannya, untuk melihat kota itu ekonominya maju bisa dilihat pada malam hari, ketika pedagang kuliner itu rame atau tidak. Namun pihaknya tetap optimis bahwa bisa mencapai PAD dengan adanya kelonggaran ini.

“Karena kita membutuhkan anggaran yang banyak, jadi kami berharapnya disitu,” ucap anggota komisi II DPRD Balikpapan.

Sementara untuk tahun 2021 ini pihaknya belum tau pasti berapa jumlah PAD yang sudah tercapai, tetapi di minggu depan komisi II akan rapat dengan pendapat (RDP) dengan Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD).

Mengingat struktur di BPPDRD mengalami perubahan, karena ada mutasi. Sehingga pihaknya juga mau tau bagaimana pengurus baru ini punya visi-misi pekerjaan seperti apa kedepannya.

“Dan kita juga mau dengar hasil pendapatan sampai bulan Agustus 2021 ini sudah berapa,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *