AJI dan Wartawan Balikpapan Gelar Aksi Solidaritas di DPRD Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Adanya aksi kekerasan yang dialami salah satu Jurnalis tempo di Surabaya, Jawa Timur bernama Nurhadi, membuat puluhan wartawan di Balikpapan menggelar aksi solidaritas di depan Kantor DPRD Balikpapan, Rabu (21/4).

Dalam aksi solidaritas tersebut, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Balikpapan menyematkan pita putih ke lengan kiri para jurnalis baik cetak, elektronik maupun online sebagai bentuk kekecewaan kekerasan terhadap jurnalis saat menjalankan tugasnya.

Aksi berjalan aman, bahkan disambut baik oleh Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari dan juga perwakilan DPRD Provinsi Kaltim Fitri Maisyaroh.

Ketua AJI Balikpapan Teddy Rumengan mengatakan, aksi tersebut sebagi bentuk dukungan dari jurnalis kota Balikpapan terhadap Nurhadi yang mengalami kekerasan. Seharusnya, tidak perlu terjadi kekerasan karena jurnalis dilindungi undang-undang pada saat melakukan peliputan.

“Ini sebagai tanda keprihatinan dan solidaritas kepada wartawan. Saya yakin di Balikpapan tidak terjadi aksi kekerasan kepada wartawan. Kami mengecam keras terhadap aksi kekerasan kawan kami Nurhadi, kami minta Kapolri dan Kapolda Jawa Timur untuk mengusut tuntas kasus ini,” terang Teddy saat ditemui awak media usai aksi.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *