DPRD Apresiasi Aksi Solidaritas Rekan-Rekan Jurnalis di Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam aksi solidaritas yang dilakukan di Kantor DPRD kota Balikpapan Rabu (21/4) pagi, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari didampingi Anggota DPRD Provinsi Kaltim Fitri Maisyaroh sangat mendukung aksi solidaritas jurnalis Balikpapan terhadap kasus kekerasan yang menimpa Jurnalis Tempo.co Nurhadi beberapa waktu lalu.

Subari mengatakan, atas nama DPRD Balikpapan, ia sepakat mendukung aksi solidaritas para jurnalis, bahwa tidak boleh ada kekerasan apapun kepada jurnalis sebagai pemberi dan menyampaikan berita sebagai penyeimbang.

“Kami sebagai wakil rakyat sangat menyayangkan aksi kekerasan kepada jurnalis, karena profesi jurnalis sebagi corong pemberi informasi kebenaran untuk masyarakat,” ujar Subari.

Apalagi ketika wartawan sedang menjalankan tugasnya yang dilindungi undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Jadi selama kerja pers tersebut dalam kaidah kode etik jurnalistik dimana upaya investigasinya diketahui oleh redaksi dan menyiapkan rencana kegiatan jurnalistiknya maka kegiatan tersebut legal sesuai undang-undang.

“Makanya kami dukung wartawan untuk memberitakan sesuai kode etik profesinya yang berlaku, karena wartawan menjadi penyeimbang kinerja pemerintah lewat beritanya. mereka juga bekerja sesuai uu yang ada,” jelasnya.

Sementara Fitri Maisyaroh mengapresiasi aksi solidaritas rekan-rekan jurnalis yang ada di kota Balikpapan kepada rekan mereka nurhadi jurnalis tempo.co.

“Inilah bentuk kepedulian rekan jurnalis, ketika ada saudaranya sesama jurnalis mendapat perlakuan sesuatu yang semestinya tidak didapatkan maka bagian teman-teman yang lain seharusnya memberikan suatu dukungan yang komplit seperti hari ini,” terang Fitri.

Selaku anggota DPRD Provinsi, Fitri sepakat dengan teman-teman jurnalis bahwa wartawan memiliki hak yang sama, bebas melaksanakan tugasnya dan mendapat perlindungan undang-undang.

“Kami wakil rakyat akan mengawal perjuangan ini agar keadilan ditegakan di bumi indonesia terkhusus di kaltim,” tutupnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *