Aksi Peduli Gepak Kuning Se-Kaltim, Galang Bantuan untuk Korban Banjir di Kalsel

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aksi sosial digelar pengurus besar Gepak Kuning Kalimantan Timur di Balikpapan. Sejak Jumat, 15 Januari lalu, organisiasi kemasyarakatan ini aktif menggalang bantuan untuk membantu korban bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun bukan hanya mencari dana dengan turun ke jalan-jalan. Pasukan Gepak Kuning Kaltim juga mendirikan posko peduli. Posko ini bertujuan untuk menghimpun bantuan-bantuan yang datang dari masyarkat. Bantuan tidak hanya berupa uang. Gepak Kuning juga menerima pakaian, sembako, obat-obatan, serta makanan siap saji.

Ketua Gepak Kuning Kaltim, Suriyansah mengatakan, aksi sosial ini bukan hanya di Balikpapan. Tapi juga di hampir setiap daerah yang ada di Kaltim. Sebab, pihaknya telah menginstrusikan kepada setiap Gepak Kuning Dewan Pengurus Cabang (DPC) tingkat kota/kabupaten di provinsi ini untuk melakukan hal yang sama.

“Seluruh DPC, Alhamdulillah, ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Gepak Kuning Peduli Kalsel tersebut,” kata Prof – panggilan Suriyansah.

Rencannya, lanjut Prof, seluruh bantuan yang dihimpun Gepak Kuning se-Kaltim ini akan dikumpulkan di Balikpapan pada Kamis (21/1) nanti. Halaman Bank Bukopin di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota, akan dijadikan pusat penghimpunan bantuan.

Pengumpulan sembako dan barang lainnya dilakukan ormas Gepak Kuning Kaltim untuk disalurkan kepada para korban banjir di Kalsel.

Dari sana, mereka akan mengantarkan langsung bantuan tersebut ke korban banjir di Kalsel. Untuk mengangkut bantuan ini, Gepak Kuning telah menyiapkan sejumlah transportasi, seperti 12 unit mobil, empat unit truk dan tiga unit pikap.

“Nanti dari DPC lain, seperti DPC Kutai Timur, DPC Bontang, DPC Samarinda dan DPC Kutai Kartanegara akan bergabung dengan DPC Balikpapan dan jajaran pengurus besar Gepak Kuning yang ada di Balikpapan,” ucap Prof.

Sebenarnya, kata Prof, Gepak Kuning DPC Penajam Pasir Utara (PPU) sudah berangkat ke Kalsel untuk menyalurkan bantuan pada Selasa (19/1) siang ini. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pendistribusian bantuan kepada korban banjir. Sebab, kebutuhan bantuan sudah sangat mendesak di sana.

“Selain itu barang-barang yang dikumpulkan DPC Gepak Kuning Penajam Paser Utara sudah cukup banyak di posko banjir, jadi sebagian harus dikirim dulu,” terang Prof.

Dia berharap, bantuan yang dikumpulkan dari masyarakat Kaltim ini bisa bermanfaat untuk para korban banjir di Kalsel.

“Kami berharap seluruh bantuan yang terkumpul dari masyarakat se-Kaltim ini tepat sasaran dan dapat meringankan para korban banjir yang ada di wilayah Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *