Bakti Sosial Dalam Peringatan HUT Satpam ke-40, Personil Security Diberi Bantuan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke 40, Panitia HUT bekerjasama dengan Polda Kaltim, Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABU JAPI) Kaltim dan Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Kaltim dan BUJP se-Kaltim gelar Bakti sosial, Sabtu (16/1) sore.

Saat ditemui, Ketua BPD ABU JAPI Kaltim Abriantinus menjelaskan, sebelumnya panitia HUT sudah melaksanakan kegiatan tabur bunga di taman makam pahlawan, lalu bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada personil security di 10 titik wilayah Balikpapan.

“Bahkan kami juga ada bantuan khusus untuk Satpam yang belum melaksanakan Pendidikan Gada Pratama,” ucap Abriantinus.

Dirinya berharap ini menjadi momentum untuk memantapkan kwalitas Satpam Indonesia sebagai perpanjangan tangan kepolisian, yang memiliki kewenangan terbatas.

“Dan ketika mereka melaksanakan tugas, hari demi hari bisa lebih baik. Jadi ini kemuliaan dalam profesi Satpam dan itu salah satu yang ditekankan,” ujar ketua panitia HUT Satpam.

Menurutnya HUT ini momentum spesial, karena dalam tahun 2020 kepolisian sudah menggodok bersama ABU JAPI, APSI dan beberapa stakeholder hingga muncul perpol nomor 4 tahun 2020. Nah ini yang paling bersejarah dalam Satpam Indonesia.

Polda Kaltim bekerja sama dengan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABU JAPI) Kaltim, Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Kaltim dan BUJP se-Kaltim gelar Bakti sosial di HUT Satpam.

Dalam kesempatan ini, Ketua APSI Kaltim Harmadi menuturkan, bahwa bansos ini sebagai rangkaian kegiatan HUT Satpam. Apalagi HUT ini bertepatan dengan terbitnya perpol nomor 4 tahun 2020, yang mana parpol tersebut untuk pemuliaan profesi Satpam.

“Harapan ke depan profesi ini menjadi kebanggaan dan lebih bermartabat. Dan semoga bansos ini dapat membantu teman-teman Satpam yang selama ini sudah berjasa menjadi satuan pengaman terbatas di wilayahnya,” harapan Harmadi

Lebih jauh Kasubdit Bin Satpam Polsus Ditbinmas Polda Kaltim AKBP Ruskhan menyampaikan, kegiatan ini berkaitan dalam HUT Satpam ke-40 yang di diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia tanggal 30 Desember 2020.

Mengingat situasi dan kondisi pandemi covid-19, maka acaranya di tunda hingga 26 Januari 2021 secara virtual.

“Dan tanggal 19 Januari 2021 akan diadakan webinar oleh Mabes Polri dan Polres, yang bekerjasama dengan asosiasi satpam Indonesia,” imbuh Ruskhan.

Kemudian saat ditinjau dari perpol nomor 4 tahun 2020 tentang pamsuwakarsa, bahwa peran Satpam betul-betul terlihat. Dari 48 pasal 6 bab, mulai dari pasal 4 sampai 34 itu mengatur tentang pelaksanaan kegiatan tupoksi Satpam. Yang mana dalam kegiatan Satpam betul-betul dimuliakan profesinya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *