Bandara SAMS Sepinggan Bersama Wings Air dan Lion Group Buka Rute Penerbangan Baru

Balikpapan, Metrokaltim.com – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan – Balikpapan tambah rute penerbangan sebagai salah satu upaya menjawab kebutuhan pengguna jasa dalam meningkatkan rute penghubung antar daerah.

Peresmian inagurasi tersebut dilaksanakan di Ruang Tunggu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang dihadiri oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII, General Manager Bandara SAMS Sepinggan dan Perwakilan General Manager Perum LPPNPI.

Pembukaan rute baru ini diinisiasi oleh maskapai Wings Air yang merupakan anggota dari Lion Group yakni rute Balikpapan – Manado berangkat pukul 09.50 WITA dan Manado – Balikpapan berangkat pukul 07.00 WITA menggunakan pesawat ATR 72-600 yang dapat mengangkut sebanyak 70 orang penumpang dalam sekali perjalanan dengan kurun waktu kurang lebih selama 2 jam 30 menit.

“Dengan dibukanya rute baru saya ucapkan selamat kepada Lion Group khususnya Wings Air, semoga dapat memberikan dampak yang positif bagi industri penerbangan dan meningkatkan lagi rasa kepercayaan masyarakat agar dapat berpergian secara aman dan nyaman dengan menggunakan moda transportasi udara”, ujar Rika Danakusuma, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Semoga dengan adanya penambahan rute ini dapat berdampak baik juga terhadap pemulihan ekonomi daerah provinsi wilayah Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara”, ungkapnya.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic Lion Group menyampaikan “Penerbangan perdana Balikpapan – Manado dilakukan pada hari ini merupakan momentum yang bertepatan dengan hari Penerbangan Sipil Internasional, sebagai salah satu upaya Wings Air untuk mendukung pemulihan kembali sektor penerbangan dan meyakinkan kembali kalau perjalanan dengan menggunakan pesawat udara itu aman dan sehat, dapat dikatakan sehat karena semua awak pesawat dan penumpang sudah divaksinasi serta mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah”, kata Danang.
Salah satu penumpang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ferdinan mengungkapkan “Sebagai penumpang tentunya saya merasa senang karena dengan adanya penambahan rute, kami para penumpang mendapatkan lebih banyak alternatif yang bisa dipilih, jadi tidak hanya berangkat pada satu waktu saja namun ada beberapa kesempatan untuk berpegian karena tersedianya rute baru ini”, ujarnya.

Sebagai informasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan selama periode 2021 bulan Januari hingga November tercatat melayani pesawat udara sebanyak 26.209 pergerakan, penumpang sebanyak 2.361.929 dan sektor kargo 47.656.063 kilogram.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *