Metro Kaltim

Bantu Ketahanan Pangan, Polresta Balikpapan Bikin Kebun dan Kolam Ikan di Markas

Balikpapan, Metrokaltim.com – Polresta Balikpapan memperluas jangkauannya dalam membudidayakan ikan dan sayuran. Lahan kosong di perkarangan belakang markas kepolisian kota itu “disulap” menjadi kebun dan kolam ikan. Nantinya, jika telah panen, hasil-hasil pembudidayan akan disalurkan kepada warga terdampak Covid-19.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi melaporkan progres pembuatan kebun dan kolam tersebut. Saat ini sudah masuk proses semai bibit. Pihaknya telah menabur benih sayur-sayuran, seperti sawi dan kangkung, di kebun yang ada di markasnya. Sedangkan untuk kolamnya sudah diisi ratusan bibit ikan air tawar.

“Kalau sebelumnya kami budi daya tumpang siri lele dan kangkung dalam ember, kali ini kami memanfaatkan lahan belakang untuk berkebun,” katanya, Kamis (9/7).

Lahan belakamg Polresta Balikpapan yang diubah menjadi kebun.

Dijelaskan Turmudi, kegiatan pembuatan kebun dan kolam tersebut bagian dari program peduli ketahanan pangan Polresta Balikpapan. Hasil-hasil dari program ini nantinya akan didistribusikan kepada warga kurang mampu yang terkena dampak pandemi Covid-19. Sebab, kepolisian menyadari betul adanya pandemi membuat sebagian warga kesulitan dalam mencari kebutuhan hidup.

“Ini semua kami lakukan untuk masyarakat Kota Balikpapan, dengan harapan beban hidup warga bisa terbantukan,” ucap perwira melati tiga di pundak itu.

Dia juga berharap, apa yang dilakukan pihaknya ini bisa dicontoh masyarakat. Mengingat, untuk membudidayakan ikan dan sayuran tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan modal besar. Jika ada banyak warga yang mengikuti, diyakini bisa menjaga ketahanan pangan Kota Minyak. “Minimal bisa menjaga ketahanan pangan di lingkungan keluarga,” pungkasnya.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *