Beberapa Jam Sebelum Ibadah Natal, Tim Gegana Periksa 13 Gereja di Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Malam ini, Kamis (24/12), umat kristiani akan melangsungkan ibadah Natal. Beberapa jam sebelum ibadah tersebut digelar, Tim Gegana dari Brimob Polda Kaltim menyambangi sejumlah gereja di Balikpapan. Di sana mereka melakukan pemeriksaan secara ketat.

Kepala Unit Jibom Gegana Brimob Polda Kaltim, Iptu Adyama Baruna Pratama menerangkan, kedatangan pihaknya ke sejumlah gereja ini dalam rangka pemeriksaan atau sterilisasi gereja. Hal ini dilakukan agar umat kristiani dapat melaksanakan ibadah Natal secara aman dan khusyuk.

“Melalui kegiatan ini kami harapkan para jemaat bisa beribadah dengan aman, tenang dan hikmat,” terang Adyama.

Untuk mengefisienkan pemeriksaan, sebut Adyama, Tim Gegana membagi dua tim. Sedangkan gereja yang diperiksa, kata dia, dari seratusan gereja yang ada di Balikpapan, hanya 13 gereja yang diperiksa pihaknya. Minimnya gereja yang diperiksa ini lantaran tidak semua gereja melaksanakan ibadah Natal.

“Kan ada juga gereja yang tidak melaksanakan ibadah secara langsung, tapi secara streaming atau secara online. Jadi cuma 13 gereja saja,” sebutnya.

Dalam menyeterilisasikan gereja ini, sambung Adyama, pihaknya memeriksa menggunakan metode screening manual. Selain secara manual, Tim Gegana juga memeriksa menggunakan alat, yakni mirror, metal detector, pendeteksi bahan kimia dan bahan radioaktif.

Adapun target utama dalam pemeriksaan ini adalah mencari keberadaan bom. Namun, setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, Adyama memastikan, barang berbahaya tersebut tidak ditemukan di gereja-gereja yang telah diperiksa.

“Alhamdulillah, tidak ada ditemukan bom atau sejenisnya,” bebernya.

Selain pada hari ini, Adyama menambahkan, timnya juga akan melakukan hal yang sama di sejumlah gereja di Balikpapan pada Jumat (25/12) pagi. Mengingat, besok masih akan dilangsungkan ibadah Natal di gereja.

“Kemungkinan juga besok (25/12), Insyaallah, kami adakan sterilisasi di tempat yang sama,” pungkasnya.

(sur/ryan)

2 thoughts on “Beberapa Jam Sebelum Ibadah Natal, Tim Gegana Periksa 13 Gereja di Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *