Berdayakan Penjahit Lokal, Anggota DPRD Kutim Anjas Pesan Masker Kain untuk Disebar ke Warga

Kutai Timur, Metrokaltim.com – Anggota DPRD Kutai Timur (fraksi Golkar) Sayid Anjas, SE., MM menyiasati kelangkaan masker di tengah rawannya penularan coronavirus disease 2019 (covid-19), dengan melibatkan peran aktif salah satu rumah jahit Meida di kawasan Kota Sangatta, dia meminta untuk membantu memproduksi masker kain yang akan langsung dibagikan ke masyarakat secara “door to door”.

Alasan Anjas merangkul penjahit lokal di karenakan atas rawannya penyebaran dan penularan covid-19 khususnya di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. “Adanya pemberlakuan stay at home serta penghentian segala aktivitas usaha berdampak akan goyahnya rodanya perekonomian masyarakat,” tegasnya.

Dirinya mengungkapkan virus corona selain membahayakan bagi kesehatan manusia dan dapat saja berujung kematian apabila terlambat ditangani, ternyata mematikan usaha kemasyarakatan baik skala menengah dan kecil.

Setelah jadi masker kaij yang dipesan Anjas langsung disebar ke warha.

“Untuk itu saya tidak tinggal diam dalam membantu masyarakat agar roda ekonomi kecil-kecilan yang dikembangkan oleh masyarakat dapat tetap berjalan. Salah satunya dengan memberdayakan penjahit lokal untuk membuat produksi masker yang saya pesan,” terang Anjas.

Dari pengamatan Anjas hasil jahitan lokal tidak kalah berkualitas seperti para penjahit dari luar Kutim. “Keberadaan para penjahit di Sangatta wajib kita perhatikan, terlebih mereka juga bagian dari masyarakat. Banyak juga suara mereka memilih kita untuk dapat duduk di dewan jangan pernah lupa itu,” ulas Anjas menyemangati rekan-rekan dewan lainnya untuk melakukan hal serupa.

Sementara owner rumah jahit Meida sangat berterima kasih sekali dan bersyukur atas kepedulian anggota dewan Anjas yang sudah memesan (order) pembuatan masker kain di tailornya. “Apa yang dilakukan oleh anggota dewan kita bapak Anjas dapat memotivasi dewan lainnya agar membantu para penjahit.Terlebih dengan adanya pembatasan sosial berdampak pada sepinya pelanggan jahitan, tapi saat ini saya lebih banyak membuat pesanan masker dari perorangan, rumah tangga,” jelas penjahit tersebut.

Bahkan Anjas menambah pemesanan masker untuk anak-anak, begitu pesannya jadi Anjas langsung menyusuri gang-gang padat pemukiman penduduk untuk melakukan pendataan pembagian beras dan sembako nantinya dari DPD Partai Golkar Kutim termasuk membagikan masker.

(adv/rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *