Bersantai Minggu Sore di Lapangan Merdeka – Melawai, Satgas Datang, Dibubarkan, Langsung Tancap Gas

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sambil menekan klakson mobil dengan keras, Camat Balikpapan Kota, Heru Ressandy Kesuma bersama Satuan Petugas (Satgas) Covid-19, menyesuri kawasan Lapangan Merdeka, Dermaga lanal, serta areal Melawai.

“Pulang, Pulang, semuanya bubar. Jangan ada yang berkerumun. Pokoknya pulang,” teriak Heru Ressandy Kesuma, saat melaksanakan relaksasi terbatas Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyakarat (PPKM) tahap ketiga, Minggu (21/2).

Satgas Covid-19 Kecamatan Balikpapan Kota, membawa kendaraan pada sisi kiri jalan dengan pelan. Namun tak hentinya, menekan klakson mobil maupun motor. Hal itu, sebagai peringatan bagi pemilik kendaraan yang tengah parkir, untuk segera bergegas pulang atau meninggalkan kawasan Lapangan Merdeka, Melawai dan sekitarnya. Tak ada namanya nongkrong maupun sekadar bersantai.

Ada yang langsung menancap gas kendaraan, buruan kabur. Namun terdapat kendaraan, tetap terparkir. Dalam artian, pemiliknya berada jauh dari motornya. Alhasil Satgas pun, menyusuri kawasan-kawasan yang disinyalir terjadi kerumunan. Diantaranya Batu-Batu maupun Heliped.

Kondisi kawasan Lapangan Merdeka menjelang senja.

Membubarkan kerumunan memang tidaklah mudah. Karena, meski pengendara didominasi kawula muda, dan cepat-cepat bergegas meninggalkan area. Namun ada yang memberikan kode mengolok-ngolok petugas. Seperti menggeber-geber motor, adapula yang melontarkan umpatan dari kejauhan.

Relaksasi terbatas PPKM tahap ketiga itu, dimulai pukul 16.00 Wita sampai 19.30 Wita. Sejak sore hari, petugas sudah memberikan informasi, untuk tak ada kerumunan, bergegas meninggalkan area. Namun taklah mudah. Bahkan sekira pukul 17.00 Wita, jalanan terlihat macet, kendaraan merayap. Sudah dipastikan, Satgas Covid-19 Kecamatan Balikpapan Kota kewalahan. Karena menyusuri kawasan secara berulang kali.

“Kegiatan ini penutupan fasum (fasilitas umum). Ya di Lapangan Merdeka, Dermaga Lanal dan Melawai. Masih bagian relaksasi terbatas PPKM tahap ketiga,” kata Heru.

Penerapan ini, bakal dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Dikatakannya, dalam PPKM tahap ketiga, terdapat variabel PPKM Mikro dan PPKM Kota.

“Nah (kegiatan) ini PPKM Kota. Meminta tiga fasum itu dilakukan penutupan sementara, yakni Sabtu dan Minggu. Jadi kami melakukan pembubaran massa. Sedangkan PKL (Pedagang Kaki Lima) hanya boleh Senin sampai Jumat,” tandas mantan sekretaris camat Balikpapan Tengah ini.

Bahkan Senin (22/2) ini, bakal melakukan operasi penerapan aturan di tiga Pasar di Balikpapan Kota. Dan Selasa sampai Jumat, melaksanakan kegiatan supervisi, yakni monitoring posko-posko Satgas Covid-19 tingkat RT yang telah dibentuk maupun belum.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *