Lion Air Boeing 737-900ER Tujuan Surabaya Gagal Terbang dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pesawat Lion Air Boeing 737-900ER, rute Balikpapan – Surabaya pada Minggu (21/2) gagal terbang.

Diinformasikan, pukul 14.40 Wita bakal take off dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan tiba di Bandara Internasional Juanda pukul 15.10 WIB.

Hal ini, diduga adanya gangguan atau kerusakan pada bagian mesin. Dikatakan, Humas Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, jika pihaknya masih mengumpulkan informasi-informasi secara detail.

Dijelaskannya, jika penerbangan yang bakal dijapankan, telah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Ini dipersiapkan secara baik. Peswat Lion Boeing 737-900ER sudah dilakukan pemeriksaan sebelum keberangkatan. Serta layak beroperasi (terbang),” ucap Danang.

Setelah tahapan itu selesai, selanjutnya pesawat bergerak dan berada di runway, persiapan take off. Namun, demi keselamatan dan keamanan bersama, pilot pun terpaksa harus menunfa
keberangkatan.

Kondisi mesin pun harus kembali dicek. Karena ada indikator kokpit, menunjukkan jika mesin perlu dicek lebih lanjut. “Usai pilot melaporkan situasi ini, dan kembali membawa pesawat di
landasan parkir,” beber dia.

Dengan adanya dugaan kerusakan mesin ini, pihak Lion Air pun menyampaikan permohonan maaf. Diketahui, dalam penerbangan ini, terdapat 6 awak pesawat. Dan 75 orang penumpang,
dengan rincian 73 penumpang dewasa, serta 2 jiwa anak-anak.

Diduga adanya kerusakan pada mesin, para penumpang langsung dievakuasi, menuju terminal. Mereka pun tetap berangkat, namun dengan pesawat lain.

“Usai (penumpang) turun dan ke ruang tunggu. Ya akan diberqngkatkan dengan Pesawar Lion Air lainnya,” tandas Humas Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Retnowati.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *