Bersihkan Rawa-rawa, Warga Balikpapan Timur Temukan Bom Bekas PD II

Balikpapan, Metrokaltim.com – Seorang pria bernama Tri Sampe menemukan bom di kolam rawa-rawa di kawasan Rt 24, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, pada Sabtu (28/03), sekira pukul 10.00 Wita. Diduga, bom berukuran besar ini bekas peninggalan perang dunia (PD) ke II.

Kapolsek Balikpapan Timur, Kompol FX Hartanta mengatakan, sebelum ditemukan Tri sedang membersihkan rawa-rawa untuk dibuat kolam ikan. Tiba-tiba saja, dia dikejutkan dengan penemuan sebuah benda keras. Temuannya itu lantas segera dilaporkan kepada Polsek Balikpapan Timur.

Tak lama kemudian, personel kepolisian langsung endatangi tempat ditemukannya barang mencurigakan itu. Dari hasil pemeriksaan polisi, benda itu adalah bom berdiameter 10 sentimeter dengan panjang 40 sentimeter.

“Kami ke sana untuk memastikan temua tersebut, setelah itu kami laporkan ke Tim Gegana Brimob Polda Kaltim untuk ditindaklanjuti,” kata Kapolsek Balikpapan Timur Kompol FX Hartanta, Senin (30/3) kemarin.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim diterjunkan untuk mengevakuasi bom temuan Tri. Evakuasi ini dipimpin oleh Bripka Asdar dari Satbrimob Polda Kaltim. “Kegiatan evakuasi yang berlokasi di kebun ini tidak berlangung lama,” jelas Komandan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim, Kompol Suwinto.

Hasil pemeriksaan, Suwinto menjelaskan, bom yang ditemukan Tri ini sudah tidak aktif. Dia menduga, bom berbentuk piramid iitu peninggalan perang dunia ke II. “Dilihat dari ciri-cirnya mirip bom militer perang dunia kedua,” beber perwira melati satu itu.

Dengan adanya temuan bom ini, Suwinto berpesan agar masyarakat tidak segan-segan melaporkan temuan barang-barang yang mencurigakan. Hal ini dilakukan agara aparat bisa melakuka upaya evakuasi sehingga tidak terjadi hal yang dapat membahayakan keselamatan.

“Masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan barang-barang yang mencurigakan, agar segera dilakukan penanganan dan tidak membahayakan masyarakat,” pungkas Suwinto.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *