Bidang PIAK Disdukcapil Kutim Buat Program Mendata WNA

Sangatta, Metrokaltim.com – Ajang silahturahmi awak media ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mendatangi salah satu Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK). Kabid PIAK Dr. Hj. Sulastin, S.Sos., M.Kes yang baru menepati ruangan PIAK, Senin (03/02).

Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) adalah pengumpulan, perekaman, pengolahan dan pemutakhiran data hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk penerbitan dokumen penduduk, pertukaran data penduduk, dalam rangka menunjang pelayanan publik, serta penyajian informasi kependudukan guna perumusan kebijakan di bidang pemerintahan dan pembangunan.

Pemanfaatan Data (PD) secara spesifik mengandung pengertian sebagai penggunaan/pemanfaatan data kependudukan oleh lembaga negara, kementerian/lembaga pemerintah non kementerian atau badan hukum Indonesia yaitu data kependudukan yang sudah dikonsolidasikan dan dibersihkan oleh Kementerian Dalam Negeri (pasal 58 ayat 4 UU No. 24 Tahun 2013).

Kabid PIAK Dr. Hj. Sulastin, bersama stafnya.

Bidang PIAK yang di pimpin oleh Dr. Hj. Sulastin, S.Sos M.Kes. Membawahi tiga kasi
Bidang PIAK membawahi 3 kasi:

  • Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK)
  • Kasi Pengelolaan dan
    Penyadijian Data.
  • Kasi Tata Kelola, tehnologi
    Informasi & SDM

“Kami baru membuat suatu program mendata warga negara asing (WNA) yang berdomisili di Kabupaten Kutai Timur sebagai tenaga kerja di perusahaan Kutim, yang jelas sebagai Dinas Disdukcapil dan bidang yang baru saya emban, kami akan mulai mendata bekerjasama dengan dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan dinas terkait lainya, ” jelas kabid PIAK Dr. Hj. Sulastin, S.Sos., M.Kes.

Ia juga menjelaskan pentingnya mendata warga negara asing (WNA) yang berkerja di kutim apa lagi sudah mempunyai keturunan karena anak mereka bisa menentukan nanti dia menjadi warga negara mana. “Dan sudah tentu kami akan sosialisasi kan ke warga negara asing yang ada di kutim. Makanya di bidang ini betul – betul memiliki SDM yang mengerti dan faham karena di sini lah motornya Disdukcapil,” tutup kabid PIAK Dr Hj Sulastin S.Sos M Kes.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *