BIN Gelar Vaksinasi Massal Untuk Pelajar SMPN 5 Dan SMKN 1 Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia melaksanakan kegiatan vaksinasi massal untuk pelajar dengan tema Indonesia sehat, Indonesia hebat. Kegiatan vaksinasi dipusatkan di SMKN 1 dan SMPN 5 Balikpapan Selatan, Rabu (14/7) pagi.

Dalam kegiatan vaksinasi, BIN juga mengikuti teleconfren dengan Presiden RI Joko Widodo dalam launching vaksinasi 1000 anak sekolah. Selain menyasar anak sekolah, BIN juga melakukan vaksinasi secara door to door di Pos PPKM Mikro tingkat RT di Kompleks Perumahan Rengganis dan DOME sebanyak 1.000 vaksin.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kaltim Brigjen TNI Danni Koswara menjelaskan, kegiatan vaksinasi dilakukan karena masih meningkatnya kasus penyebaran covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim). Apalagi penyumbang terbanyak ada di kota Balikpapan, setelah itu Bontang dan Berau.

“Untuk di Balikpapan per tanggal 12 Juli 2021 masih sekitar 286 kasus, tetapi tanggal 13 Juli 2021 kasus meningkat hingga 599 kasus per hari,” ucap Danni Koswara saat ditemui awak media dalam kegiatan vaksinasi, Rabu (14/7) pagi.

Salah satu pelajar Balikpapan mengikuti vaksin massal yang gelaran BIN.

Lanjutnya, dengan adanya itu makanya dikatakan daerah epicentrum, sehingga dari atas melihat perkembangan kasus di Balikpapan yang masih tinggi. Tujuan program pemerintah untuk melaksanakan penyehatan bagi anak-anak berusia 12-17 tahun agar tidak terjadi suspek, maka itu sasaran diarahkan untuk SMPN 5 dan SMKN 1 Balikpapan.

“Yang mana vaksinasi ini menyasar 1.000 siswa SMP dan SMK,” imbuh Danni.

Sedangkan program door to door ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengikuti vaksinasi, karena masih ada masyarakat yang ragu untuk melakukan vaksin. Dengan adanya door to door ini diharapkan ada stimulan untuk bisa memberanikan diri, apalagi vaksinasi ini untuk menyehatkan diri dan memiliki banyak manfaat.

Dalam teleconfren Presiden Joko Widodo menyampaikan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan di seluruh provinsi untuk anak SMP dan SMA/SMK. Dirinya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan vaksinasi hari ini (14/7).

Dijelaskannya, kegiatan vaksinasi ini menyasar 49 ribu anak, terdiri dari 15 ribu siswa SMP, 15 ribu siswa SMA/SMK dan 19 ribu dilakukan secara door to door.

“Saya hanya ingin menyampaikan agar setelah anak-anak semua divaksin, guru dan petugas sekolah jangan sampai ada yang terlewat vaksinasinya,” tambahnya.

Ia juga ingin mendorong agar vaksinasi ini semuanya bisa dipercepat, sehingga bisa tercapai kekebalan komunal dan bisa terhindar dari covid-19.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *