BNNP Kaltim Razia THM di Paser, Dapati Pengunjung Positif Narkoba

Tana Paser, Metrokaltim.com – Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) terus dilakukan aparat berwajib. Salah satunya Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim.

Seperti yang dilaksanakan BNNP Kaltim dibantu TNI-Polri dan Satpol PP melakukan razia tempat hiburan malam (THM) atau karaoke di Kabupaten Paser, Kamis (17/12) malam. Operasi dibagi menjadi dua tim. Dari 70 pengunjung THM, setelah dilakukan pemeriksaan urine, didapati 3 pengunjung positif mengonsumsi narkotika.

Diketahui razia itu merupakan operasi berantas sindikat narkoba (Bersinar). Tiga pengunjung yang didapati positif mengonsumsi narkoba, semuanya langsung dibawa ke Mapolres Paser untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Petugas BNNP Kaltim saat mengetes satu persatu urine pengunjung THM.

“Dari dua titik tempat (karaoke, Red) 70 orang pengunjung dites urine, dan hasilnya tiga diantaranya positif,” kata Kabid Pemberantasan BNNP Kaltim, Kombes Pol Djoko Purnomo, usai giat razia.

Meski didapati pengunjung THM yang positif mengonsumsi narkotika, namun razia itu tak ditemukan barang bukti (BB). “Tentu dibawa ke Polres untuk dilakukan pemeriksaan dan pendalaman. Direhab, nanti dari hasil. Tapi biasanya kalau ditemukan hanya positif, itu kami rehap, sesuai dengan tingkat kecanduannya parah atau tidak,” jelas dia.

Para pekerja THM saat dilakukam pendataan dan tes urine.

Alasan dilakukannya razia bagi pengunjung THM di Kabupaten Paser, dikatakan Djoko guna mencegah atau menekan adanya peredaran narkotika, terlebih wilayah perbatasan antara Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Dirinya juga berharap kepada semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi peredaran narkoba dan zat adiktif lainnya.

“Kami berharap kepada masyarakat, jauhilah narkotika. Jangan jadikan narkotika sebagai konsumsi dan atau asumsi bahwasanya itu akan membuat semangat bekerja. Yang hancur bukan hanya badan, tapi keuangan juga,” pungkasnya.

(all/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *