Pastikan Libur Nataru Nyaman, Angkasa Pura Dirikan Posko Terpadu di Bandara SAMS

Balikpapan, Metrokaltim.com – Persiapan menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tengah disusun PT Angkasa Pura I (Persero), selaku pengelola Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. Salah satunya mendirikan posko terpadu di pintu keberangkatan bandara SAMS.

Posko terpadu ini diberi nama “Posko Pengendalian Transportasi Udara Natal 2020 dan Tahun Baru 2021”. Kamis (17/12), sejumlah aparatur negara meresmikan posko tersebut. Adapun instansi-instansi yang hadir dalam kegiatan ini, antara lain, Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan.

Selain itu ada juga TNI AU Dhomber Balikpapan, Kodim 0905, Kepolisian Sektor Wilayah Bandara Sepinggan, LPPNPI, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Airlines. Semua instansi tersebut akan bertugas di posko terpadu ini. Total, ada 75 petugas gabungan bertugas di posko pintu keberangkatan.

Namun bukan hanya di pintu keberangkatan bandara. Angkasa Pura juga mendirikan posko terpadau di sejumlah titik di Bandara SAMS. Diantaranya di Airlane, Airnav dan otoritas bandara.

General Manager Angkasa Pura I, Barata Singgih Riwahono menjelaskan, posko terpadu ini didirkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengunjung bandara saat libur Nataru. Mengingat, tahun-tahun sebelumnya libur Nataru selalu diwarnai dengan lonjakan penumpang pesawat.

“Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa di Bandara SAMS Sepinggan, kami membentuk Posko Pengendalian Transportasi Angkutan Udara Nataru,” kata Barata.

Disebutkannya, posko tersebut mulai beroprasi pada hari ini, Kamis (18/12). Adapun masa kerjanya, posko ini akan dibuka sampai 18 hari ke depan, atau ditutup pada Senin, 4 Januari 2021.

Diterangkan Barata, para petugas posko terpadu akan lebih memfokuskan penerapan serta penangangan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan dokumen kesehatan. Sebab, pada libur Nataru tahun ini Covid-19 tengah mewabah di mana-mana, termasuk Balikpapan.

“Sehingga para pengguna jasa dapat merasa aman, nyaman dan sehat ketika akan terbang lagi,” terangnya.

Dengan adanya posko terpadu beserta sejumlah programnya itu, Barata berharap, kepercayaan publik dapat meningkatkan untuk mau menggunakan layanan Bandara SAMS dan pesawat. Sehingga, pendapatan bandara tersebut juga bisa meningkat.

“Kami konsen terhadap keamanan dan keselamatan pengguna jasa sehingga dapat terbang aman dan sehat di Bandara SAMS Sepinggan,” pungkasnya.

(sur/ ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *