BPJS Kesehatan Gratis Dialokasikan Rp 17 Miliar, untuk Bulan September-Desember 2021

Balikpapan, Metrokaltim.com – Setelah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ditetapkan, program visi misi Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud telah berjalan, salah satunya mengenai BPJS kesehatan gratis kelas 3 mandiri.

Ketua DPRD kota Balikpapan Abdulloh mengatakan, dalam rapat pihaknya sedang menghitung kekuatan anggaran pemerintah kota, termasuk untuk membayar BPJS Kesehatan gratis kelas 3 mandiri dan belanja sekolah yang masuk dalam visi misi wali kota Balikpapan.

Sementara untuk dananya akan dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah – Perubahan (APBD-P), karena sudah masuk pada tahapan visi misi RPJMD yang sudah ditetapkan.

“Artinya BPJS Gratis sudah mulai berjalan dan untuk perubahan di bulan September, Oktober, November dan Desember sudah dialokasikan sekitar Rp 17 miliar untuk perubahan saja,” ucap Abdulloh saat ditemui di ruang rapat paripurna, Selasa (10/8).

Bahkan pihaknya juga sudah alokasikan sekitar Rp 61 miliar untuk di tahun 2022. Sementara untuk rincian penerimaan akan diverifikasi oleh dinas teknis. Yang pasti dana Rp 17 miliar ini untuk mengcover seluruh peserta BPJS Kesehatan kelas 3 mandiri.

Sedangkan untuk tunggakan BPJS kesehatan tidak ditanggung pemerintah, sehingga ketika ingin mendapatkan bantuan tersebut, disegerakan untuk membayarnya terlebih dulu.

“Jadi kalau mau dapat BPJS gratis, lunasi dululah, karena visi misi wali kota berlaku mulai RPJMD ini ditetapkan,” ujarnya.

Dan untuk mengetahui mereka terverifikasi atau tidak, sampai saat ini dinas teknis masih mendata BPJS kesehatan kelas 3 mandiri untuk mencukupi dana sebesar Rp 17 miliar tersebut. Maka itu silakan tanya lebih jauh rinciannya, karena DPRD hanya membahas gelondongannya saja.

Pemerintah kota berkomitmen untuk mencanangkan visi misi untuk menyalurkan BPJS kesehatan kelas 3 mandiri.

“Diharapkan masyarakat tidak perlu untuk khawatir,” tuturnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *