Bravo! PLTU Balikpapan Sukses Raih Penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Prestasi gemilang diraih PLTU Teluk Balikpapan. PLTU yang dikelola oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) UBJOM Kaltim Teluk itu menjadi salah satu penerima penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2). Prestasi tersebut merupakan yang pertama diraih PLTU Teluk Balikpapan.

Selasa (3/11) lalu, tepat di Hari Listrik Nasional ke-75, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) – selaku asset operator PLTU Teluk Balikpapan – menerima penghargaan K2 dari Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan serta Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan. Penghargaan ini diserahkan di Ruang Samaun Samadikun Dirjen Ketenagalistrikan, Jakarta.

PT PJB UBJOM Kaltim Teluk itu menjadi salah satu penerima penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2).

Untuk diketahui, PLTU Teluk Balikpapan bukan satu-satunya penerima penghargaan K2. Ada empat lagi dari tujuh PLTU yang dikelola PJB juga menerima penghargaan yang sama. Keempat perusahaan itu, yakni, PLTU Paiton 1 dan 2, Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Gresik, PLTU Belitung dan PLTU Tidore. Sedangkan dua lainnya yaitu PLTGU Keramasan dan PLTGU Tello.

Penghargaan K2 ini untuk memberikan apresiasi dan meningkatkan kesadaran badan usaha penyediaan ketenagalistrikan, khususnya perusahaan pembangkit tenaga listrik, dalam pemenuhan ketentuan K2. Tujuannya, agar tercipta kondisi instalasi tenaga listrik yang aman, andal, ramah lingkungan serta menciptakan safety culture pada sub sektor ketenagalistrikan. Pada 2020 ini, penilaian penghargaan K2 dilakukan untuk pembangkit thermal kategori PLTU dan PLTGU.

Penghargaan yang diterima PLTU Teluk Balikpapan ini merupakan penghargaan pertama dalam bidang K2 yang diraih unit berskala 2×110 MW. Mengingat, PLTU Teluk Balikpapan baru beroperasi pada 2015 lalu. PLTU Teluk Balikpapan sendiri merupakan salah satu PLTU terbesar di Kalimantan Timur. Kedepannya, PLTU ini diproyeksikan menjadi unit yang harus bisa menopang kelistrikan Ibu Kota Negara RI.

Penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan ini akan semakin memotivasi PLTU Teluk Balikpapan untuk terus memberikan kinerja ekselen dalam membantu PT PJB mencapai visinya, yaitu menjadi perusahaan terdepan dan terpercaya dalam bisnis energi berkelanjutan di Asia Tenggara.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *