Bulan Mei, Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Terpilih Digelar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Saat ini pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan tengah melakukan rapat pleno tingkat kecamatan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020. Meski dalam hitungan cepat pasangan calon Rahmad Mas’ud dan Thohari Aziz berhasil unggul dari kolom kosong.

Selanjutnya rapat pleno tingkat kota akan digelar usai rapat pleno tingkat kecamatan selesai. Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengungkapkan, pelantikkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terplih baru akan dilakukan setelah masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2016-2021 berakhir.

“Tentu saja pelantikkannya nunggu habis masa jabatan yang lama (Rizal Effendi) bulan Mei 2021,” terang Noor Thoha.

Dia mengatakan, sebelum dilakukan pelantikan, masih akan dilakukan pleno penghitungan suara ditingkat Kecamatan dan penentuan suara tingkat Kota dan kemudian dilakukan penetapan hasil penghitungan suara itu juga.

“Pleno tingkat Kota Insya Allah kita jadwalkan tanggal 16 Desember. Setelah itu kita tetapkan hasilnya, hasil perolehan suara hari itu juga,” katanya

Setelah penetapan hasil penghitungan suara diberikan ruang bagi Tim Sukses maupun Pasangan Calon (Paslon) yang akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Ya masih ada waktu rentang 5 bulan,” ujar

Setelah penetapan hasil, itu kita tidak serta menentukan keputusan terpilih, karena ada ruang bagi pihak-pihak untuk melakukan upaya hukum. “Nah siapa pihaknya, pasangan calon kalau mau gugat atau pihak lain, misalnya pemantau,” papar Thoha.

Menurutnya, jika gugatan di MK ditolak, maka KPU akan menentukan paslon yang meraih suara tertinggi. “Gugatannya diterima maka kita tunggu, jika ditolak maka 3 hari setelah itu kita bisa melakukan penetapan calon terpilih,” ujarnya.

Lalu setelah penetapan calon terpilih, sesuai KPU Kota Balikpapan akan menetapkan ke Gubernur Kaltim. Namun waktu pelantikkan akan ditentukan Gubernur. “Gubernur melantik kapan itu sudah bukan domain KPU Balikpapan,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *