Warga RT 58 Graha Indah Berbagi untuk Warga

Balikpapan, Metrokaltim.com – Ditengah pandemi covid-19, banyak masyarakat yang membuka hati untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, salah satunya di RT 58 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara (Balut).

Saat ditemui awak media, Ketua RT 58 Rabasi menjelaskan, kegiatan ini awalnya hanya ingin ada perubahan di lingkungan RT 58 Kelurahan Graha Indah. Yang mana dengan kegiatan ronda malam ini bisa mengontrol seluruh setiap rumah warga, sehingga dibentuklah program jimpitan.

Menurutnya, jimpitan ini tidak dipaksakan untuk semua warga wajib menaruh di depan rumah, tetapi atas keikhlasan warga yang memberi.

“Tujuan diadakan jimpitan ini untuk membantu warga yang membutuhkan, terutama warga RT 58 yang mana kegiatan ini sudah berjalan selama 9 bulan,” ucap Rabasi, Jumat (11/12) malam.

Saling betbagi untuk meringankan beban warga.

Dan alhamdulillah dalam setiap pembagian, hampir rata-rata 30 paket. Dan untuk pembagian ini berupa sembako yang diambil dari warga untuk warga.

Hanya saja untuk sementara, dirinya hanya menerima bantuan dalam bentuk barang bukan uang, sehingga ketika ada warga yang memberikan uang ia tidak menerima, tetapi diarahkan untuk membeli sembako.

“Dan pembagian ini rutin dilakukan setiap bulan, dengan jumlah tidak menentu,” ujarnya.

Lanjutnya, adapun nanti program berikutnya kemungkinan besar ia jalankan limbah minyak jelantah, tujuannya untuk menambah kas RT. Lantaran banyak minyak jelantah yang hanya dibuang warga ke parit, maka itu ia minta untuk bisa dikumpulkan untuk dijual ke pengepul.

“Untuk harga 1 liter minyak jelantah itu dihargai Rp 2 ribu rupiah dari pengepul. Dan uangnya itu nanti akan masuk dalam kas RT,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *