Buruh Harus Lebih Paham Hak dan Kewajiban, Kegiatan Training Paralegal di Kutim

Sangatta, Metrokaltim.com – Pemeritah Kabupaten Kutim sangat mendukung adanya kegiatan training Paralegal yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Cabang Federasi Pertambangan dan Energi (FE) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KBSBI), Bupati Kutim Ismunandar yang hadir dalam acara tersebut berharap agar buruh lebih mengetahui hak dan kewajibannya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali setiap peserta dengan memberikan pengetahuan dan ketrampilan hukum yang nantinya mampu secara aktif dan mandiri menjadi seorang paralegal juga lebih memahami apa hak dan kewajiban mereka sebagai pekerja,” ujarnya Selasa (3/3).

Ia juga menambahkan, Kutim tidak akan sukses jika tanpa buruh, baginya buruh adalah ujung tombak setiap daerah.

Foto bersama saat menghadiri acara training Paralegal.

“Kaum buruh memiliki peran yang besar dalam proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah. Untuk itu, kami pemerintah perlu memberikan perhatian yang lebih terhadap nasib para buruh, apalagi dengan adanya training paralegal ini, tentu kami dukung sepenuhnya, karena tanpa buruh Kutim ini serasa mati,” terang Bupati Ismunandar.

Selanjutnya Anggota Fraksi PPP Hefni Armansyah yang ditemui usai kegiatan mengatakan Training Paralegal harusnya dilaksanakan selama empat hari, namun dikemas dan membutuhkan waktu dua hari bagi paralegal mereka akan berdiskusi bersama fasilitator membahas segala hal yang berkaitan dengan dunia buruh.

“Mengajak seluruh peserta untuk separtisipatif mungkin aktif berdiskusi dan berdialog seputar permasalahan hukum yang dialami buruh di lapangan dan bagaimana buruh memberikan solusi atas permasalahan hukum tersebut. Agar ketika terjadi masalah tidak lagi menggeruduk kegedung DPRD, bisa diselesaikan diantara mereka,” tandasnya.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.