Capaian Vaksinasi Nakes Masih 73 Persen, Dinkes Sempat Terkendala Aplikasi P-Care

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sampai kini vaksinasi Covid-19 dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) di Kota Balikpapan telah mencapai 73 persen. Ada 4.264 tenaga kesehatan Balikpapan yang sudah divaksin. Namun begitu masih ada sekitar 1.000 juga yang belum. Diketahui target vaksinasi sekitar 5.800-an.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, Nakes yang ditunda lantaran sakit ada 567 orang. Menurutnya yang jadi kendala dalam vaksinasi ini salah satunya adalah waktu pelaksanaan yang singkat hanya sampai 31 Januari.

Selain itu pada pelaksanaan vaksinasi juga banyak tenaga kesehatan yang cuti dan bekerja di lokasi dan rig, sehingga masuk daftar ditunda.

“Tapi informasi terbaru dari Kementerian Kesehatan, vaksinasi kita diperpanjang sampai 10 Februari. Jadi yang sakit atau cuti masih ada kesempatan,” katanya. Ia berharap, setelah diperpanjang, cakupan vaksin bisa lebih banyak.

Selain itu yang juga jadi kendala yakni masalah terkait penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi milik BPJS Kesehatan. Karena tidak semua tenaga kesehatan mendapatkan e tiket dari aplikasi tersebut.

“Solusinya dari Kemenkes, disampaikan melalui zoom meeting bersama BPJS Kesehatan. Nanti akan dibuka satu fitur dengan username khusus bagi mereka yang tidak memiliki e tiket,” kata Dio.

Sejumlah nakes memang diketahui tidak mendapatkan etiket lantaran terlambat mendaftar di aplikasi. Ini menyebabkan terjadinya penumpukan dan ketika vaksinasi dimulai e tiket belum terkirim.

“Tapi kami meyakini insya Allah bisa selesai 10 Februari, karena sekarang sudah 73 persen,” ucapnya. Menurutnya pelaksanaan memang tidak bisa 100 persen karena ada tenaga kesehatan yang hamil maupun memiliki kontraindikasi atau penyakit sehingga tak bisa divaksin.

(ama/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *