DKK Gelar Tes Antigen Gratis di Terminal BP, Akan Berlanjut di Tempat Publik Lainnya

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satgas covid-19 mendampingi TNI dan Polri dalam kegiatan terpadu dan sosialisasi 5M ke pasar tradisional maupun tempat publik, kali ini di Terminal Balikpapan Permai (BP), yakni Operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dipimpin Kapolda Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty menjelaskan, bersamaan dengan giat Kapolda dan Pangdam, pihaknya juga menggelar rapid tes gratis. DKK siapkan 75 alat rapid antigen, tapi jika berkembang akan ditambah sesuai kebutuhan. Petugas yang diturunkan yakni dua swaber, dua petugas promosi, dan dua administrasi.

“Sejauh ini belum ditemukan kasus positif melalui rapid antigen yang kami laksanakan sudah di dual lokasi ini. Pertama Pasar Klandasan, ini Terminal BP. Ini direncanakan masih akan berlanjut mengikuti jadwal dari TNI dan Polri,” ungkap Dio, Rabu (3/2).

Sementara terkait peningkatan kasus yang diduga lantaran mutasi covid-19 jenis baru, Dio, sapaan Andi Sri Juliarty mengatakan tak bisa memastikan.

“Karena harus berbasis ilmiah, hanya lab biomolekuler yang bisa melihat ini. Sebenarnya ini isu nasional, pusat yang bisa memastikan,” terangnya.

Ia juga menyatakan bahwa peningkatan kasus sebenarnya tidak hanya terjadi di Balikpapan. Ini juga juga terjadi di Indonesia secara keseluruhan, bahkan dunia.

(ama/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *