Cegah Barang Kedaluarsa, Pemkot Sidak Supermarket Yova Mart dan Lotte Mart

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan bersama Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Balikpapan serta Satgas Covid-19 kota Balikpapan melaksanakan sidak pangan untuk memastikan tidak ada makanan dan minuman kedaluarsa menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Sidak dilakukn di dua supermarket di Balikpapan antaranya Yova mart dan Lotte Mart, Kamis (29/4). Yang dipimpin langsung oleh Wali kota Balikpapan Rizal Effendi.

Rizal Effendi mengatakan, pertama-tama ia lihat isi kemasan dulu, karena mau lebaran biasanya parcel ada yang kedaluarsa, sehingga perlu diperiksa sama BPOM dan ternyata tidak ada yang kadaluarsa

“Sidak ini terkait pemakaian jualan makanan yang kedaluwarsa dan tidak memenuhi syarat,” ucap Rizal Effendi saat ditemui awak media.

Untuk di Yova Mart sendiri, ada sejumlah parsel yang sudah dibungkus diperiksa untuk melihat kedarluarsa barang dalam parsel. Dan sampai saat ini semuanya sangat baik, karena stok dan tempatnya cukup memadai.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pastikan barang yang dijual tidak kedaluarsa.

“Jadi semua baik, tidak ada barang yang ditemukan kedaluwarsa. Kami ingatkan juga jangan sampai stok kosong dan kadaluarsa,” imbuhnya.

Dirinya juga mengusulkan dalam parsel kalau bisa ada hasil olahan dari para UMKM. Beda halnya jika parsel tersebut memang sudah dipesan isinya, apalagi pembayarannya hanya dibayarkan berapa jumlah barang yang laku.

“Kami berharap, pemilik juga melakukan pembinaan kepada mereka dan membaca kecenderungan pasar. Mungkin dengan berbagai jenis rasa,” jelasnya.

Rizal juga meminta, untuk protokol kesehatannya mohon tetap dijaga jangan sampai ada penularan yang terjadi baik petugasnya maupun pembeli.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *