Cegah Kecelakaan dan Kemacetan, Dishub Balikpapan Kaji Rekayasa Lalu Lintas Muara Rapak

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dinas Perhubungan (Dishub) kota Balikpapan mulai membuat kajian rekayasa lalu lintas di simpang Muara Rapak, Balikpapan Utara. Yang mana kajian ini berdasarkan rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Kajian dilakukan dengan melakukan pembangunan jalan darurat, yakni melebarkan badan jalan yang sudah ada hingga empat meter. Karena selain mencegah kecelakaan, juga untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dishub Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya berencana melakukan pelebaran jalan di simpang Muara Rapak oleh Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN).

“Rencananya nanti mobil kecil belok kiri, terus memutar dan belok kiri lagi di samping Masjid Al Munawar. Jadi tidak bisa lagi langsung,” ucap Elvin, Kamis (4/8/2022).

Rencana pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Dishub Balikpapan dalam mengatasi masalah kemacetan.

“Kami melakukan rekayasa lalu lintas misalnya membantu persimpangan-persimpangan yang padat dengan mengalihkan lalu lintasnya,” ujarnya.

Sehingga, dengan adanya rekayasa lalu lintas maupun pelebaran jalan merupakan upaya untuk menghindari kemacetan dan kecelakaan lalu lintas di Simpang Muara Rapak.

Sementara Dishub juga akan manata jalur mobil-mobil yang menghambat lalu lintas seperti mobil yang di parkir di pinggir jalan.

“Karena kemacetan terjadi lantaran jalan yang sempit dan dipenuhi dengan parkir sembarangan,” imbuhnya. (Mys/ Ries).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *