Cegah Kekosongan Jabatan Di Balikpapan, DPRD Dorong Segera Pelantikan Wali Kota Terpilih

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan melalui DPRD kota Balikpapan, mengharapkan pelantikan wali kota terpilih untuk segera dilantik. Hal ini untuk mencegah kekosongan jabatan di pemerintah kota.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono mengatakan, bahwa pimpinan DPRD Balikpapan beberapa hari lalu sudah bertemu dengan Gubernur Kaltim Isran Noor, untuk membahas mengenai pelantikan Wali kota Balikpapan terpilih.

“Kami sudah menghadap ke pak gubernur, dan disampaikan jika sudah ada Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), maka bisa segera dilantik, tetapi ini belum ada,” ucap Budiono saat ditemui di rumah jabatan wali kota, Rabu (26/5) malam.

Lanjutnya, setelah adanya SK dari Mendagri pasca berakhirnya pasangan Rizal Effendi-Rahmad Mas’ud pada 30 Mei mendatang, bisa terlaksana pelantikan Wali kota terpilih Rahmad Mas’ud pada 31 Mei atau paling lambat awal bulan Juni.

Diharapkan tidak ada kendala, karena kalau melihat di daerah lain contohnya di Jawa Barat dan Sragen, Jawa Tengah tidak mengikuti pelantikan serentak.

“Saya berharap semoga tidak ada kekosongan jabatan, karena pemkot akan menghadapi beberapa hal seperti pembahasan APBD Murni 2022 dan APBD perubahan 2021,” akunya.

Ditanya mengapa tidak mengawal proses pelantikan, dirinya membantah karena kalau belum habis periode Wali kota sebelumnya tidak bisa berbuat apa-apa. Semua itu mengikuti mekanisme administrasi.

“Bahkan kami sudah sering menanyakan progresnya seperti apa,” tutupnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *