Cegah Klaster Hari Raya, LPM Gunung Samarinda Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Usai Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Gunung Samarinda (GS), Balikpapan Utara (Balut) kembali rutin melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungannya.

Ketua LPM Gunung Samarinda Halili Adi Negara mengatakan, penyemprotan ini dilakukan di empat lingkungan RT yakni RT 7, 8, 9 dan 18 Gunung Samarinda sebagai pencegahan.

“Kenapa dilakukan penyemprotan, lantaran ada warga di salah satu RT yang terpapar covid-19, sehingga RT meminta untuk dilakukn penyemprotan,” ucap Halili Adi Negara saat dikonfirmasi Metrokaltim.com, Rabu (26/5).

Halili melanjutkan, penyemprotan ini untuk mencegah adanya klaster hari raya di lingkungan Gunung Samarinda, maka itu warga mengambil langkah pencegahan lebih awal.

Selain penyemprotan, pihaknya juga minta warga sekitar rumah yang terpapar dilakukan rapid antigen, untuk mengetahui apakah warga tersebut aman atau tidak, sehingga tidak terjadi penularan untuk warga lainnya.

“Jadi penyemprotan ini dilakukan sesuai dengan permintaan RT, kalau ada yang minta kami siap,” ujarnya.

Bahkan belakangan ini bukan penyemprotan disinfektan yang diminta, tetapi permintaan fogging di beberapa RT contohnya di RT 51 GS. Hal ini karena adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan tersebut.

“Meski warga tersebut sudah dilakukan penanganan, tetapi pencegahan juga harus dilakukan, maka itu kami kembali ingatkan warga untuk menerapkan 3M (Reuse, Recycle, Reduce),” akunya.

Sementara anggaran yang digunakan untuk penyemprotan disinfektan dan fogging melalui anggaran LPM. Apalagi LPM tersebut juga memiliki mesin khusus fogging.

Dan ketika ada warga dari wilayah lain yang meminta untuk dilakukan penyemprotan, LPM siap untuk membantunya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *