Dandim Balikpapan Kembali Sebarkan Bantuan Berupa Peralatan Budidaya Ikan Lele dan Kangkung

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa kembali memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi. Bantuan yang diberikan merupakan tempat pembudidayaan, bibit ikan lele, pakan serta bibit kangkung.

Penyerahan bantuan itu sendiri berlangsung di Makoramil 0905-02 Balikpapan Barat. Ada sebanyak 50 ember tempat budidaya, 2 ribu bibit ikan serta 120 kilogram pakan ikan lele.

Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa sebagai gugus tugas mengatakan bantuan tersebut sebagai stimulus bagi masyarakat, khususnya di tengah pandemi covid-19 yang sampai saat ini maaih melanda Indonesia termasuk Kota Balikpapan.

Penyerahan bantuan kepada warga sebagai stimulan dalam menjaga ketahanan pangan.

“Di tengah penanganan wabah pandemi Covid-19, bagaimana caranya menjaga ketahanan pangan masyarakat karena kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berlangsung,” terang I Gusti Agung Putu Sujarnawa usai menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga, dengan didampingi Danramil 0905-02 Balikpapan Barat, Mayor Inf Masrukan.

Kegiatan ini merupakan periode kedua, sinergitasnya Kodim Balikpapan bersama PT PJB UBJOM Kaltim Teluk dan PT PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkit Balikpapan (PLTU Teluk Balikpapan) yang mendukung ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kodim 0905 Balikpapan mengajak masyarakat budidaya ikan lele dalam ember (BUDE) atau tumpang sari, perpaduan kangkung dan ikan lele di lingkungan rumah masing-masing dengan menggunakan wadah yang mudah di temui di lingkungan masyarakat.

Waka Polresta Balikpapan, AKBP Sebpril Sesa turut membantu menyerahkan bantuan ke warga.

Ditempat yang sama Dana Puspita Sari Manajer Bagian Keuangan, SDM, dan Administrasi PT PLN UPDK Balikpapan mengucapakan terimakasih untuk penerima bantuan. “Semoga bisa dijadikan stimulus untuk kedepannya dan bantuan ini merupakan kepedulian kami untuk membantu dalam program ketahanan pangan ini,” timpal Dana.

Sementara itu GM PT. PJB UBJOM Kaltim Teluk, Kurniawan Dwi Hananto menamabahkan program ketahanan pangan merupakan sinergi bersama, selain bekerja di area Balikpapan pihaknya juga peduli dengan masyarakat. “Program ketahanan pangan salah satunya BUDE ini sangat kami dukung dan merupakan kepedulian kami untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi ini,” pungkasnya.

Selain itu kegiatan penyerahan bantuan ini juga dihadiri Waka Polresta Balikpapan AKBP Sebpril Sesa, dia mengatakan kegiatan ini sebagai stimulus kepada warga terdampak covid-19, agar selalu produktif dengan didukung stakeholder yang ada dalam memberikan bantuan ini.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *