Dari Hasil Peninjauan Dilapangan, Beberapa Titik Memang Rawan Longsor

Balikpapan, Metrokaltim.com – Memasuki curah hujan yang cukup tinggi, masyarakat kota Balikpapan diminta untuk waspada bencana banjir dan longsor.

Bahkan curah hujan yang terjadi Rabu (16/3/2022) sekitar pukul 02.00 Wita, membuat beberapa titik kota Balikpapan mengalami banjir dan longsor. Salah satunya di lingkungan RT Kelurahan Muara Rapak, Baikpapan Utara.

Saat dikonfirmasi, Lurah Muara Rapak Bima Wibisono mengatakan, ia mendapat laporan dari warga, ketua RT maupun relawan perihal kejadian longsor di beberapa titik wilayah kelurahan Muara Rapak.

“Dari hasil peninjauan, beberapa titik memang rawan longsor dan perlu keterlibatan masyarakat. Karena rata-rata kerusakan terjadi akibat siring yang rusak,” ucap Bima Wibisono saat ditemui di kantornya, Rabu (16/3) siang.

Tidak hanya menjaga, tetapi juga perlu adanya perbaikan drainase dan pihaknya sudah usulkan melalui Musrenbang yang mayoritas mengenai perbaikan siring dan drainase. Musibah longsor ini terjadi di empat titik, yang mana dua longsor menutupi fasilitas umum.

Sementara aset longsor ini milik warga dan warga siap untuk swadaya memperbaiki. Dan untuk pengendalian sementara pihaknya melakukan penutupan dengan terpal.

“Bahkan ada satu mobil warga RT 22 yang menahan siring longsor,” jelas Bima.

Sedangkan untuk banjir, ada beberapa titik yang rentan banjir yakni RT 4, 86-87, dan RT 47. Yang mana ketika kondisi air laut pasang tinggi, lokasi tersebut selalu tergenang.

Bima berharap, mudah-mudahan perbaikan drainase di Muara Rapak bisa segera terealisasi.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk peduli lingkungan, terutama pada pada saat musim hujan agar tidak membuang sampah di saluran drainase,” ungkapnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *