Kebutuhan Bahan Pokok Jelang Puasa Dan Lebaran Tercukupi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan melalui Dinas Perdagangan (Disdag) kota Balikpapan menggelar rapat koordinasi persiapan pasokan bahan pokok dan bahan penting jelang bulan puasa dan lebaran tahun 2022, yang dilaksanakan di kantor Disdag, Rabu (16/3/2022) pagi.

Kepala Disdag Balikpapan Arzaedi Rachman menjelaskan, rapat bersama distributor ini mempertanyakan 11 kebutuhan bahan pokok terutama gula pasir, tepung, minyak goreng dan daging segar maupun daging beku.

“Alhamdulillah kebutuhan ini bisa mencukupi sampai lebaran dan tinggal menjaga pasokan distribusinya,” ucap Arzaedi usia rapat koordinasi, Rabu (16/3/2022).

Lanjutnya, kalau berbicara harga naik mudah-mudahan tidak terlalu tinggi, karena sama-sama diketahui bahwa kontainer dan Bahan Bakar Minyak (BBM) juga naik. Sehingga ini berdampak kepada semua komoditi, khususnya kebutuhan pokok.

“Cuma sudah kita sampaikan kepada distributor, jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan,” jelas Arzaedi.

Arzaedi mengatakan, saat kegiatan hari-hari besar keagamaan biasa barang-barang naik, dan diharapkan jangan ada kenaikan. Dirinya minta kepada distributor untuk tidak menaikkan harga daging sapi, bahkan kalau bisa bertahan dengan harga sekarang, begitu pun dengan komoditi lain.

“Artinya kalau bertahan dengan harga sekarang, berarti stok yang ada tadi bisa sampai lebaran. Tolong ini dipertahankan, jangan mengikuti perkembangan harga di distribusi yang selanjutnya,” terangnya.

Sementara untuk stok lombok diperkirakan pada bulan puasa dan lebaran akan turun. Hal ini disampaikan langsung oleh distributornya. Termasuk daging beku, diharapkan nanti bisa dijual secara Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 80 ribu per kilonya.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan, bahwa Disdag akan menggelar pasar murah pada tanggal 18-20 April 2022. Harganya pun disepakati akan dijual dibawah harga pasar.

“Itu telah kita sepakati. Dalam pasar murah kita bahu-membahu antara Disdag, distributor, Bank Indonesia maupun BUMN (Bulog dan PT PTI). Mudah-mudahan ini bisa terlaksana dengan baik,” harapannya.

Untuk keluhan masalah distributor masih masalah angkutan, dan pihaknya berharap pemerintah kota dapat merevisi pengecualian terhadap kendaraan 11 kebutuhan pokok dan 7 bahan penting ini.

Mengingat itu sangat diperlukan, maka itu ia minta pemerintah kota dapat membuatkan tanda khusus (stiker) pada truk pengangkut kebutuhan pokok itu, agar pasokan kebutuhan bisa terpenuhi.

“Adapun sanksi yang diberikan, ketika ada pelanggaran maka izin akan cabut. Yang jelas syaratnya truk tidak boleh Over Dimensi dan Over Leading (ODOL),” paparnya.

Berdasarkan data Disdag, kebutuhan pokok bulan Maret 2022 dari komoditi beras stok yang tersedia berjumlah 14.180.56 ton, sedangkan kebutuhan setiap bulan hanya 7.037 ton, sehingga stok yang tersedia dapat mencukupi untuk 2-3 bulan kedepan.

Lalu ketersediaan Gula Pasir 1.515 ton. Untuk kebutuhan gula pasir tiap bulan 944.98 ton dapat bertahan 1,5 bulan. Minyak goreng tersedia 1.240.63 ton dan setiap bulan dibutuhkan 850.44 ton. Stok kedelai tersedia 740 ton dan per bulan dibutuhkan 335.10 ton.

“Untuk stok daging sapi 1.106.41 ton dan kebutuhan setiap bulan 147.44 ton. Dan stok cabai yang ada 350 ton dan setiap bulan diperlukan 181.24 ton,” tuturnya.

Sementara, Kepala Kanwil Bulog Divre Kaltimra Arrahim K Annam menyampaikan, sesuai Peraturan Presiden Nomor 48 tahun 2016 salah satu fungsi Bulog adalah menjamin ketersediaan pasokan pangan termasuk menstabilkan harga.

“Tadi ada catatan, beberapa komoditas bahan pangan harganya agak tinggi. Nah, ini menjadi fungsi Bulog yang kira-kira bisa tarik turunkan sedikit,” tambahnya.

Melalui pasar murah yang dilakukan secara bergantian setiap seminggu di kelurahan dan kecamatan sebagai bentuk Bulog untuk hadir dimasyarakat. Arrahim berharap Disdag dapat berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Balikpapan, agar tidak terjadi panic buying yang menyebabkan harga melonjak tinggi.

“Kami tetap support terus untuk kebutuhan TPID dan Dinas Perdagangan,” tutupnya.(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *