Dari Vaksin di Lapangan Merdeka, Antusias Tinggi Sasar Warga Bersantai dan Berolahraga

Balikpapan, Metrokaltim.com – Serbuan vaksinasi untuk warga Kota Balikpapan terus digencarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan. Hal ini dilakukan agar 100 persen warga Kota Balikpapan telah mendapatkan vaksinasi, dan dapat terhindar dari Covid-19.

Berbagai upaya pun dilakukan Pemkot Balikpapan agar cakupan vaksin terpenuhi, dari menggelar vaksinasi di Gedung Balikpapan Sport Conventional Center (BSCC) Dome yang bekerja sama dengan sejumlah instansi samping, hingga digelarnya vaksin door to door, agar dapat menyentuh warga yang tidak dapat datang ke lokasi vaksinasi massal pun dilakukan.

Selain Pemkot Balikpapan, sejumlah instansi samping seperti TNI dan Polri juga gencar menggelar vaksinasi di sejumlah tempat, khususnya yang lokasinya berada di pelosok dan sulit dijangkau.

Untuk terus menggencarkan vaksinasi, hingga 100 persen warga Kota Balikpapan sudah tervaksin, Pemkot Balikpapan kembali menggelar vaksinasi massal. Tapi kali ini bukan di BSCC Dome, melainkan di kawasan Lapangan Merdeka Balikpapan.

Ya, dipilihnya lokasi dikarena menjadi pusat keramaian yang kerap dikunjungi warga untuk berlibur maupun berolahraga. Karena diakhir pekan fasilitas milik Pertamina ini selalu ramai dikunjungi. Kegiatan vaksinasi di Lapangan Merdeka ini digelar pada Sabtu (11/12/2021) sore.

Kegiatan vaksinasi ini dipantau oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Alwiati. Saat memantau jalannya vaksinasi dia mengaku kaget dengan antusias warga. Karena Sabtu (11/12/2021) pagi, kegiatan vaksinasi juga digelar di Gedung BSCC Dome.

“Kegiatan sore ini kita melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat dan saya sampai excited ternyata pesertanya cukup banyak,  padahal kita juga sudah melaksanakan vaksinasi pagi tadi di Dome,” terangnya heran.

Alwiati juga menyampaikan permohonan maaf karena fasilitas yang disediakan terbatas. Sementara antusias warga ternyata tinggi.
“Mohon maaf pada pelayanan ini kurang memuaskan karena fasilitas yang kita sediakan sangat terbatas,” katanya.

Dia mengatakan, vaksinasi yang digelar di Lapangan Merdeka sebagai bagian dari jemput bola yang dilakukan bagi warga yang mungkin belum sempat vaksinasi karena kesibukan pekerjaan.

“Mengingat kita di lapangan meredeka ini tujannya untuk mendekatkan akses ke masyarakat terhadap vaksinasi, yang agak susah datang ke sentra-sentra vaksinasi,” papar Alwiati.

“Kita datang kesini supaya lebih mudah bertemu dengan masyarakat secara langsung, masyarakat juga lebih mudah untuk mendapatkan vaksinasi secara langsung,” sambungnya.

Melihat antusias warga yang cukup tinggi ini membuktikan, bahwa masyarakat ingin terbebas dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda.

Salah satu warga yang mengikuti vaksinasi di kawasan Lapangan Merdeka bernama Tasya, mengaku sangat mendukung jika kegiatan vaksinasi seperti ini digelar di tempat-tempat umum. Sehingga masyarakat yang belum divaksin bisa divaksin ketika sedang bersantai maupun saat berolahraga.

“Apalagi saya, waktu luangnya hanya saat akhir pekan saja. Karena setiap hari bekerja di kantor. Sangat mendukung sekali kegiatan vaksin di akhir pekan dan di lokasi terbuka seperti ini,” ungkap Tasya.

Kegiatan vaksinasi di lokasi-lokasi tempat olahraga dan bersantai ini diharapkan dapat sering dilakukan, agar warga yang belum divaksin dapat mengikuti vaksin tanpa harus bingung mencari di mana lokasi vaksin.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *