Libur Nataru Jam Operasional Mal Diperpanjang, Kapasitas Dibatasi 50 Persen

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid-19 Kota Balikpapan memperpanjang jam operasional Pusat Perbelanjaan dan Mal pada periode libur Natal dan Tahun Baru.

Awalnya, jam operasional dimulai 10.00 hingga 21.00 Wita menjadi 09.00 – 22.00 Wita. Upaya ini dilakukan Satgas Penangan Covid-19 Kota Balikpapan untuk mencegah kerumunan pada jam tertentu.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, pihaknya juga melakukan pembatasan dengan jumlah pengunjung tidak melebihi 50 persen dari kapasitas Pusat Perbelanjaan dan Mal. Selain itu, katanya, pusat perbelanjaan dan mal juga diminta untuk meniadakan event perayaan Nataru, kecuali pameran UMKM.

“Harus pakai aplikasi Peduli Lindungi pada saat masuk dan keluar. Hanya pengunjung dengan kategori kuning dan hijau yang boleh masuk,” kujarnya, Kamis (9/12/2021).

Pemkot Balikpapan memang akan memperketat pengawasan sejumlah pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 tanggal 22 November 202.

Intruksi Mendagri itu tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal 2021 dan perayaan perantian tahun baru 2022.

Untuk itu, Pemkot Balikpapan juga akan membentuk posko sebagai upaya pencegahan potensi penyebaran Covid-19 di saat libur Nataru. Posko terpadu itu akan didirikan di sejumlah tempat wisata untuk mencegah adanya kerumunan di antaranya di Pantai Manggar Segarasari, Pantai Lamaru, dan Nirmala.

“Yang jelas posko ini akan diaktifkan dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager PT Pandega Citra pengelola Plaza Balikpapan Aries Adriyanto menyatakan kondisi tersebut terjadi sejak awal September hingga akhir Oktober 2021.

“Sudah normal seperti sebelum pandemi, cuman memang pengunjung kami lebih terkonsentrasi di area outdoor,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini tingkat kunjungan berada di kisaran 25 persen sampai 30 persen pada akhir pekan sedangkan pada hari hari biasa tingkat kunjungan berkisar antara 2 persen sampai 3 persen.

Terkait cakupan tenant di mal Plaza Balikpapan, Aries mengungkapkan bahwa akan ada lima unit tenant yang masuk, dimana dua diantaranya merupakan brand nasional dan internasional. Selain itu, dia menuturkan bahwa pihaknya tengah menyiapkan space dengan luasan tertentu untuk menampung UMKM yang ingin bergabung.

“Jadi sampai akhir tahun kita ada peningkatan, tapi belum besar,” tutupnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *