Metro Kaltim

Diduga Sengaja Dibakar, 10 Hektar Lahan di Kenyamukan Gosong

Sangatta, Metrokaltim.com – Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Jumat (25/10). Kali ini si jago merah mengamuk di lahan di wilayah Kenyamukan.

Diperkirakan lahan yang terbakar seluas 10 hektar. Puluhan armada pemadam kebakaran, bersama petugas gabungan dari TNI-Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), Dishub Kutim, KPHP Bengalon yang dipimpin langsung Ir Rini Indah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, tim Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (Damkar) Kutim turun langsung ke lokasi lahan Kenyamukan yang terbakar.

Kepulan asap hitam membumbung tinggi diempat titik lokasi kebakaran. Hal ini tampak jelas terlihat dari kawasan Jalan Pendidikan. Kebakaran kali ini terbilang terbesar.

Tim gabungan usai memadamkan api yang membakar lahan seluas 10 hektar di kawasan Kenyamukan, Kutim.

Ketua Regu Damkar Donny M membenarkan terbakarnya lahan seluas 10 hektar saat dikonfirmasi. Diduga kebakaran lahan yang terjadi ini ada unsur kesengajaan, yang dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab. “Pihak kepolisian sedang mendalami, apakah ada unsur kesengajaan atau terbakar sendiri,” katanya

Sampai saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan mendalam terkait kebakaran lahan ini.

“Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Kutim, saat ini Kutim kembali dilanda kemarau panjang di harapkan tetap waspada karhutla. Hentikan aktivitas pembakaran demi perluasan areal lahan dalam penggarapannya terlebih jangan membuang puntung rokok di areal lahan yang ditumbuhi semak belukar, karena rawan menimbulkan percikan api yang dapat dengan cepat membesar,” tutup Donny.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *