Digelar Besok, KPU Kukar Pastikan Pleno Selesai Dalam Sehari

Kutai Kartanegara, Metrokaltim.com – Rapat pleno Pilkada 2020 ditingkat Kabupaten akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) pada Rabu (16/12) pagi di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Kukar, sekira pukul 09.00 Wita.

“Ini sesuai dengan tahapan yang tertuang di PKPU Nomor 5 tahun 2020 terkait pemilihan bupati dan wakil Bupati, maka KPU akan melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pilkada Kukar,” ujar Ketua KPU Kukar, Erlyando Saputra, Selasa (15/12).

Tahapan ini menyusul dengan selesainya pleno tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang hasil rekapitulasinya diamankan di Gudang KPU Kukar.

Nando sapaan akrab Erlyando pihaknya menargetkan pleno tingkat kabupaten ini akan selesai dalam waktu satu hari.

“Target kami, pleno ini selesai dalam waktu satu hari. Penetapan waktu pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten ini sendiri diambil setelah pembahasan internal yang dilakukan oleh seluruh Komisioner KPU Kukar dan perwakilan dari KPU Provinsi Kaltim,” beber Nando.

Selain itu, dia juga memastikan situasi dan kondisi selama proses pelaksanaan pleno di 18 kecamatan di Kukar berlangsung aman tanpa ada kendala.

Kemudian Nando mengatakan bahwa untuk penetapan hasil pasangan calon terpilih nantinya tetap memerlukan waktu dan masyarakat harus menunggu.

“Peraturan menyebutkan bahwa setiap paslon masih memiliki waktu 3×24 jam untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) apabila tidak puas dengan hasil pleno yang telah ditetapkan. Apabila tidak ada gugatan maka KPU akan menetapkan pasangan calon terpilih setelah MK mengeluarkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) paling lambat 3 hari sejak BRPK dikeluarkan, jadi harap bersabar dan menghormati setiap keputusan yang keluar,” tandas Nando.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *