Dikejar Hingga ke Batam, Kawanan Perampok Sadis Akhirnya Terciduk

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aksi perampokan sadis (pencurian dengan kekerasan) yang dua kali terjadi di perumahan elit di wilayah Balikpapan yakni Perumahan Regency dan Balikpapan Baru akhirnya terungkap.

Total ada lima pelaku yang berhasil diamankan oleh tim gabungan. Bahkan Jatanras Polda Kaltim harus terbang ke daerah Batam untuk menangkap pelaku.

Para pelaku sendiri ditangkap di dua daerah berbeda yaitu Balikpapan dan Batam pada Selasa (18/8).

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Kaltim Kombes Pol Subandi saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan komplotan perampok sadis tersebut.

“Ya betul, pelaku perampokan itu sudah kami tangkap di Batam,” sebut Subandi saat di temui sejumlah awak di Mapolda Kaltim, Rabu (18/8).

Dalam penangkapan tersebut, tim gabungan berhasil meringkus satu orang pelaku di Balikpapan dan empat orang pelaku di wilayah Batam. Dari keterangan pelaku pertama, polisi melakukan pengembangan dan mendapati identitas empat orang lainnya.

“Awalnya satu sudah kami amankan lebih dulu di sini, nah sisanya empat orang itu diamankan di Batam karena mereka kabur ke sana,” bebernya.

Saat ini pelaku tengah dibawa pulang menuju Balikpapan untuk kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Diketahui pelaku merupakan jaringan perampokan spesialis rumah elit yang telah beraksi di beberapa daerah.

“Ini jaringan, benar-benar terorganisir. Sasarannya rumah-rumah mewah terus dia masuk dan ngambil barang berharga,” kata perwira berpangkat tiga melati di pundak ini.

Akan tetapi, Subandi belum mau menjelaskan lebih detail lantaran para pelaku masih belum tiba di Polda Kaltim. Pihaknya akan memberikan keterangan lebih rinci saat press rilis digelar nanti.

“Nanti saja kalau pelaku sudah sampai sini semua baru kita beberkan semua. Yang jelas kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir lagi, ini jaringannya sudah kami tangkap,” tandasnya.

Untuk diketahui, para pelaku perampokan ini beraksi di salah satu rumah warga di kawasan Perumahan Balikpapan Baru, cluster Windsor pada Sabtu (31/7). Penghuni rumah disekap dan diikat di dalam kamar. Kemudian para pelaku menghancurkan salah satu pintu kamar dengan menggunakan tabung gas. Seketika barang berharga korban digasak lalu melarikan diri.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *