Dikeluhkan Warga, Berharap TPS Segera Dipindah, Halili : Kami Minta Wali Kota Segera Tindaklanjuti

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara sampai saat ini masih menjadi keluhan masyarakat. Apalagi setiap pagi lokasi tersebut selalu macet, sehingga mengganggu aktifitas masyarakat.

Dengan banyaknya keluhan tersebut, lurah dan LPM mengharapkan lokasi pemindahan TPS bisa segera dilakukan, mengingat lokasi tersebut sudah ada dan siap untuk digunakan.

Maka dalam kesempatan itu, Ketua LPM Gunung Samarinda Halili Adi Negara menyampaikan langsung kepada Wali kota Balikpapan Rizal Effendi saat berkunjung ke lingkungan RT-nya, untuk segera memanfaatkan TPS yang baru.

“Karena dampaknya sangat besar, sehingga ketika TPS baru sudah digunakan, maka TPS lama akan di tutup. Tentu ini dilakukan pihak kelurahan yang didukung LPM, tokoh masyarakat dan semua ketua RT Gunung Samarinda,” ujar Halili Adi Negara usai kegiatan, Rabu (24/2).

Halili melanjutkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Balikpapan, bahkan DLH sudah menyiapkan 1 unit bak kountainer. Namun ia masih menunggu dari Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memasang penerangan jalan, karena jika tidak ada ditakutkan masyarakat membuang sampah ke dalam sungai.

“Kami juga sudah bersurat ke Dishub, tetapi belum ada balasan. Maka itu kami minta ke pak wali agar bisa segera ditindaklanjuti,” harapan Halili.

Tempat yang sama, Lurah Gunung Samarinda Tarso membenarkan, bahwa pihaknya sudah bersurat ke Dishub untuk pemasangannya penerangan jalan menuju TPS, kemungkinan karena terbatasnya anggaran, sehingga masih tertunda.

“Tadi sudah di sampaikan oleh LPM, ia berharap peresmian TPS bisa dilakukan sebelum 30 Mei 2021, mengingat masa jabatan wali kota akan berakhir,” terang Tarso.

Apalagi jalan tersebut rencananya akan terhubung dengan akses warga yang diusulkan kelurahan melalui Musrenbang, hal ini dilakukan untuk mempermudah akses warga dalam membuang sampah ke TPS.

Maka itu dirinya berharap pelaksanaan pemindahan TPS tersebut bisa segera terealisasi, mengingat TPS itu tidak hanya digunakan untuk satu RT melainkan digunakan untuk beberapa RT.

“Serta pemindahan ini bisa mengurai kemacetan yang sering terjadi,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *