Ditinggal Pemilik, Rumah di Karang Joang Beserta Dua Unit Motor Hangus Terbakar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Satu unit bangunan rumah semi permanen hangus terbakar pada Sabtu (8/8) malam sekira pukul 19.30 Wita. Kebakaran rumah yang terjadi di Jalan PDAM Km 12 dalam RT 19 nomor 36 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara ini membuat warga yang tinggal di sana menjadi panik.

Pasalnya, api dengan cepat membesar dan melalap bangunan semi permanen tersebut. Diketahui saat kebakaran terjadi rumah yang dihuni oleh Ari Setiawan (27) bersama keluarganya tersebut dalam kondisi kosong.

Dari keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian, sekira pukul 19.30 Wita saksi bernama Sarah mendengar adany suara ledakan dari rumah korban.

Petugas BPBD saat berada di lokasi kebakaran

“Dengar suara ledakan saya panggil bapak saya untuk melihat sumber suara ledakan itu,” ujarnya sat dimintai keterangan oleh petugas.

Kemudian saksi lainnya Firman yang merupakan orangtua Sarah melihat adanya adanya percikan api dari atas kamar korban.

“Setelah itu saya lapor pak RT dan meminta pertolongan kepada warga sekitar untuk memadamkan api,” timpal Firman.

Ketua RT 19 Kelurahan Karnag Joang, Balikpapan Utara menyebutkan saat mengetahui adanya kebakaran pihaknya langsung menghubungi pedam kebakaran. Tiga unit mobil pemadam dari BPBD Kota Balikpapan tiba ke lokasi kebakaran sekira pukul 19.45 Wita, dan langsung dibantu warga untuk memadamkan api. “Informasi warga sih penghuninya saat kejadian sedang keluar,” sebutnya.

Petugaa BPBD saat berada di lokasi kebakaran.

Butuh waktu sekira satu jam lebih bagi petugas pemadam untuk bisa menguasai api. Selain menghanguskan datu unit bangunan rumah, api juga membakar dua unit sepeda motor yang terparkir di rumah korban.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait dugaan penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Meski pun ada dugaan kebakaran terjadi karena korsleting listrik. Selain petugas BPBD Kota Balikpapan dan warga Karang Joang, pemadaman juga dibantu sejumlah relawan lainnya seperti Info Bencana Kota Balikpapan, PDAM, dan lainnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *