Ditpolairud Polda Kaltim Gelar Bersih-Bersih Pesisir Pantai, Kumpulkan Sampah Hingga 8 Ton

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kepedulian terhadap pesisir pantai ditunjukkan dengan aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh Direktorat Polisi Perairan Udara (Ditpolairud) Polda Kaltim.

Kegiatan bersih-bersih pantai itu, dilakukan oleh tim gabungan di pesisir pantai dan sungai. Dalam aksi tersebut berhasil mengumpulkan kurang lebih 8 ton sampah aneka jenis, seperti plastik.
Aksi yang diikuti ratusan personel ini, selain personel Ditpolairud juga diikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan, Relawan garuda dan lainnya menyebar di pesisir pantai Kemala Beach, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, pada Kamis (19/11) pagi.

Sebelum pelaksanaan bersih-bersih pantai, terlebih dulu tim gabungan berkumpul dan mendengarkan arahan Direktur Polairud Polda Kaltim Kombes Pol Tatar Nugroho. Kemudian, mereka mulai mengumpulkan sampah, dibagai puluhan kelompok menyebar.

Secara simbolis Dirpolairud Polda Kaltim Kombes Pol Tatar memberikan peralatan untuk membersihkan pesisir pantai ke para personel.

Sejumlah peralatan digunakan dalam aksi bersih-bersih seperti jaring, kantong besar, sekop hingga kaos tangan. Sebagian petugas memungut sampah plastik yang mengapung di perairan Balikpapan dengan menggunakan perahu karet milik Polairud Polda Kaltim.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap pesisir, banyak sekali sampah yang mengotori perairan sehingga membuat tidak nyaman,” ungkap Tatar.

Kurang lebih tiga jam memungut sampah, setidaknya terkumpul sekitar 8 ton. Diangkut menggunakan truk sampah DLH.

Seluruh sampah langsung diangkut menggunakan truk milik DLH.

Selain membuat pesisir pantai bersih, Tatar juga ingin menanamkan sifat kepedulian personel dan masyarakat terhadap kebersihan. Sampah tersebut bisa dari kiriman yang hanyut dan lainnya. Dampak dari sampah plastik tersebut, memunculkan bau.

“Di mana pun, jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya,” kata perwira berpangkat tiga melati di pundak.

Giat bersih-bersih ini menurutnya merupakan rangkaian HUT Ditpolairud Ke-70 yang jatuh pada 1 Desember mendatang. Selain di Balikpapan, seluruh jajarannya di Kaltim diinstruksikan melakukan kegiatan serupa.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *