Ditpolairud Polda Kaltim, Jelaskan Peran Fungsi Polisi di Perairan Kaltim

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com -Guna mendukung pelaksanaan Tugas Polri, Polda Kaltim melalui Direktorat Kepolisian Air dan Udara melaksanakan talk show ngobrol pintar (NGOPI) bersama Balikpapan TV, Rabu (24/05/2023).

Dalam ngobrol pintar (NGOPI) Kabag Binopsnal Ditpolairud Polda Kaltim AKBP Bahril, S.H., selaku narasumber menjelaskan tentang Struktur, Tugas Pokok, dan Fungsi Ditpolairud Untuk Mendukung Pelaksanaan Tugas Polri.

Struktur dan Tugas Ditpolairud yaitu menyelenggarakan kepolisian air dan udara meliputi Subdit Gakkum, Subdit Patroli, dan Subdit Fasarkan (fasilitas sarana pemeliharaan kendaraan).

Dari struktur Subdit Gakkum mengemban tugas khusus menegakan hukum khususnya harkamtibmas perairan. Saat ini sudah melakukan pengungkapan kasus dengan jumlah 20 kasus, meliputi pencurian batu bara, pencurian tali kapal, bom ikan dan lain sebagainya.

Lanjut di struktur Subdit Fasarkan yakni mengemban tugas meliputi pemeliharaan dan perawatan kendaraan, dengan adanya subdit fasarkan sangat diperlukan demi kelancaraan kegiatan kegiatan Ditpolairud Polda Kaltim. Terakhir di Subdit Patroli teradapat fungsi Binmas Perairan bertugas untuk menghimbau dan membina masyarakat dalam keselamatan dalam pelayaran.

Lanjutnya, Ditpolairud juga tergabung dalam Satgas Ops Nusantara Mahakam yang dimana tugas pokok dan fungsinya untuk mengamankan seluruh kegiatan pembangunan IKN khususnya di Jalur Lalu lintas dan bongkar muat logistik di kawasan Perairan tentunya.

Terakhir himbauan dari Ditpolairud Polda Kaltim yaitu untuk masyarakat Kalimantan Timur Ketika melakukan aktifitas di wilayah perairan gunakanlah alat keselamatan demi tidak terjadinya kejadian yang tidak kita inginkan dan selalu melihat kondisi cuaca sebelum melakukan kegiatan diperairan”, Tutup Bahril. (*/ Ries).

79

Leave a Reply

Your email address will not be published.