DKK Launching 10 Ribu Dosis Vaksin Bersama Kill Covid-19 di BSCC Dome

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Kesehatan kota Balikpapan bersama Kill Covid-19 launching kegiatan percepatan vaksinasi covid-19, sebagai upaya untuk mendukung dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Balikpapan. Kegiatan berlangsung di Gedung Balikpapan Sport Convetion Center (BSCC) Dome, Balikpapan Selatan, Sabtu (19/6) pagi.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi yang diberikan oleh pengusaha-pengusaha yang tergabung dalam Kill Covid dalam membantu proses vaksinasi di Balikpapan.

“Semoga apa yang diberikan dapat menjadi contoh pengusaha lainya dalam berkontribusi membangun Balikpapan, salah satunya dengan mendatangkan 10 ribu vaksin, untuk mempercepat vaksinasi,” ucap Rahmad di depan awak media.

Dirinya juga minta agar masyarakat Balikpapan terus melaksanakan prokes, karena akan percuma jika sudah divaksin prokesnya tidak dijalankan, jangan sampai kasus covid-19 yang saat ini mulai meninggi khususnya pulau Jawa terjadi di Balikpapan juga.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menambahkan, kerjasama ini dimulai sejak April 2021 lalu. Dan ia mendapatkan informasi terkait pelaksanaan vaksinasi yang sering dilaksanakan Kill covid-19, tetapi DKK belum mengetahui lebih jauh bagaimana untuk mendapatkan keterangan terkait Kill Covid-19, baik dari Kementerian Kesehatan sendiri.

“Kami di DKK langsung merespon baik, apalagi Kill Covid ternyata sudah memiliki 18 cabang di daerah, proposal diberikan dan kami juga memberikan data-data terkait vaksinasi untuk sasarannya,” jelas dr Dio panggilan akrabnya.

Ia menuturkan, baru Juni ini program percepatan vaksinasi dilakukan di Kota Balikpapan dengan menyiapkan 10 ribu dosis vaksin jenis Sinovac. Padahal tidak mudah mendapatkan 10 ribu vaksin, mengingat Balikpapan hanya memperoleh jatah vaksin paling banyak 6.000 dosis.

Ditambah lagi waktu kegiatan program vaksinasi dari pemerintah habis karena belum ada pengiriman dari pusat, dan Kota Balikpapan malah bersyukur lanjut pelayanan vaksinasi.

“Bahkan DKK sudah siap dengan segala fasilitas guna mendukung vaksinasi 10 ribu dosis, dengan target lima hari selesai,” tegasnya.

Pelayanan vaksinasi juga dilakukan di 27 puskesmas yang ada di Balikpapan, sementara dilaksanakan di BSCC Dome hanya 800 penerima vaksin, karena juga mengatur agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan.

“Mudah-mudahan dengan semakin banyak yang divaksin akan mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di Kota Balikpapan, sehingga penyebaran Covid-19 tidak terjadi,” akunya.

Sedangkan perwakilan Kill Covid Roy Wirawan menyampaikan, launching pertama kali di Kalimantan Timur khususnya Balikpapan. Dan ada 10 ribu dosis sumbangan vaksin covid-19 dari Departemen kesehatan diserahkan ke DKK Balikpapan untuk ditindaklanjuti dengan vaksinasi.

“Alhamdulillah dukungan dari dinas kesehatan, pak wali, semua pihak, semuanya bisa lancar dan jika lancar bisa diinformasikan dapat tambahan lagi,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *