DPRD Gelar Paripurna, Nopen Wali Kota Terkait Rencana KUPA Tahun 2021

Balikpapan, Metrokaltim.com – DPRD kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna dengan empat agenda, yakni pengumuman penetapan rancangan Peraturan daerah (Perda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, penandatanganan berita acara kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUPA PPAS) Tahun 2021.

Dan penyampaian nota penjelasan wali kota atas rancangan Perda tentang Perubahan APBD 2021, serta penyampaian laporan hasil kerja dan rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksanaan Badan Pemeriksa Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah kota Tahun 2020. Yang dilaksanakan diruang rapat gabungan, Kamis (16/9).

Usai rapat, Ketua DPRD kota Balikpapan Abdulloh menyampaikan, ada beberapa agenda, pertama persetujuan KUPA yang sudah selesai, serta laporan Pansus dan nota penjelasan (Nopen) wali kota terkait dengan rencana KUPA tahun 2021.

Dikatakannya, Nopen itu menjelaskan rancangan APBD untuk APBD Perubahan. Dan untuk tahapan pengesahannya, setelah kesepakatan dan Nopen, pihaknya akan lakukan ke tahapan selanjutnya yakni pandangan umum fraksi yang akan dilaksanakan Senin (23/9).

“Setelah pandangan umum fraksi, akan berlanjut ke jawaban-jawaban wali kota atas pandangan umum fraksi,” ucap Abdulloh saat ditemui awak media, Kamis (16/9).

Lanjutnya, ketika itu selesai, pihaknya akan lanjutkan ke tahapan terakhir yakni pendapat akhir fraksi, sekaligus pengesahan dari rancangan APBD ke APDB Perubahan tahun 2021, meski deadline sudah terlambat.

Sementara untuk nilai APBD Perubahan sebesar Rp 2,14 Triliun, ditambah dengan belanja menjadi Rp 2,7 Triliun, lalu defisit anggaran Rp 648 Triliun dan ditutupi dengan pendapatan. Sehingga di APBD Perubahan tidak ada defisit, harus zero (0).

“Jadi harus imbang, antara pemasukan dan pengeluaran,” paparnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *