DPRD Gelar RDP dengan Disdag, Wujudkan Pasar Rakyat yang SNI

Balikpapan, Metrokaltim.com – Terkait dengan RPJMD wali kota terpilih 2021-2026, Komisi II DPRD kota Balikpapan gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perdagangan (Disdag) di ruang rapat komisi II, Rabu (19/5).

Anggota Komisi II DPRD Balikpapan Aminuddin mengatakan, pembahasan ini terkait adanya rencana dari Disdag untuk merevitalisasi pasar. Ia kira ini sangat bagus sekali, supaya nanti Balikpapan ada pasar Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Kalau sudah SNI, artinya kedepan kita tidak perlu jauh lagi mencari pasar yang memenuhi syarat. Karena dari 11 pasar itu belum ada pasar yang bisa dijadikan percontohan,” kata Aminuddin usai RDP, Rabu (19/5).

Mudah-mudahan kedepan bisa terealisasi, karena kalau pasar ini tidak dikelola secara modern, akhirnya nanti bisa kalah bersaing dengan pasar yang lebih modern. Jika kalah maka pedagang-pedagang yang ada di pasar tradisional banyak yang tutup, padahal diketahui bersama bahwa pasar ini salah satu usaha yang tidak mengalami pengaruh covid-19.

Bahkan pasar bisa menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, sementara banyak perusahaan yang tutup karena pengaruh covid. Dan untuk menuju ke arah sana, komisi II minta supaya ada pembenahan, terutama masalah sarana prasarana seperti tempat sampahnya, agar petugas-petugas yang ada itu bisa bekerja maksimal.

“Apalagi masih ada masalah timbangan, harusnya juga Disdag bisa berupaya melakukan pengecekan, supaya timbangan yang ada bisa ditera,” ujarnya.

Kepala Disdag Arzaedi Rachman menambahkan, kegiatan ini untuk melaraskan program kerja Disdag lima tahun kedepan, dengan visi misi wali kota terpilih. Mulai dari mewujudkan infrastruktur kota nyaman dan memadai, mewujudkan kota nyaman dihuni yang berwawasan lingkungan serta membangun ekonomi kerakyatan yang kreatif.

“Misi inilah yang berkaitan langsung dengan dinas perdagangan,” tambah Arzaedi.

Disdag juga akan revitalisasi pasar, mengingat sepanjang pasar ini hanya direhab, tentu permasalahan itu akan terus berulang-ulang. Dan kesempatan revitalisasi ini, dengan adanya pasar rakyat yang SNI. Maka pembangunan ini yang akan direncanakan, seperti di pasar Klandasan dan Balikpapan Permai (BP).

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *